wisata

√ 9 Destinasi Wisata di Pelalawan Riau yang Wajib Dikunjungi

Kabupaten Pelalawan dengan Ibu Kota Pangkalan Kerinci yang merupakan Kabupaten yang mulai terbentuk pada tanggal 12 Oktober 1999 dari pemekaran Kabupaten Kampar.

Daerah yang dibelah oleh sungai bernama Kampar dan memiliki beberapa pulau yang sangat layak untuk dijadikan tujuan berwisata. Di daerah ini juga kamu dapat menyaksikan keindahan alam yang sudah dikenal luas yaitu ombak Bono.

Di Kabupaten Pelalawan banyak memiliki tempat wisata, seperti wisata alam, budaya, kuliner, sejarah dan masih banyak lagi tempat Wisata Pelalawan yang bisa dikunjungi. Berikut ini Destinasi Wisata di Pelalawan Riau yang Wajib Dikunjungi.

1. Makam Sultan Mahmud Syah I

Makam Sultan Mahmud Syah I

Sebuah Makam sultan Mahmud Syah I yang terletak di Dusun Pakantua, Kecamatan Pelalawan, Kabupaten Pelalawan, Provinsi riau. menjadi salah satu tempat wisata yang cukup banyak dikunjungi oleh wisatawan atau peziarah dari daerah manapun.

Yang membuat makam ini cukup ramai dikunjungi karena nilai historis yang terdapat pada makan. Di tempat pemakaman juga terdapat makam salah seorang Raja Malaka yang terakhir. Para pengunjung atau peziarah yang mengunjungi tempat ini sama sekali tidak dipungut biaya alias gratis.

Baca juga : Wisata di Bengkalis

2. Tugu Equator Pelalawan

Tugu Equator Pelalawan

Tugu Equator Pelalawan tepat berlokasi di Dusun Tua, pinggir jalan Lintas Timur Sumatera, berjarak 56 Km dari Pangkalan Kerinci, Ibukota Pelalawan.

Dulunya saat masih dijajah oleh Belanda, tugu tempat ini dibangun berbentuk seperti besi melingkar  dan digunakan untuk menghubungi Dusun Tua ke Desa Pangkalan Lesung. Namun setelah besi tersebut runtuh, lalu dibangunlah Tugu Equator oleh pemerintah kabupaten Pelalawan sebagai tanda jika tempat ini merupakan lintasan khatulistiwa.

Tugu Equator menjadi salah satu objek wisata yang terdapat di Kabupaten Pelalawan. Sebagai pengetahuan jika tugu ini menandakan daerah Pangkalan Lesung menjadi tempat yang dilalui sebagai garis khatulistiwa.

Baca juga : Wisata di Dumai

3. Danau Tanjung Putus Pelalawan

Danau Tanjung Putus Pelalawan

Danau Tanjung Putus Pelalawan yang berada di Desa Kuala Terusan, Kecamatan Pangkalan Kerinci, Pelalawan, Riau, jaraknya tidak jauh dari tepian Sungai Kampar.

Dari Desa Kuala Terusan membutuhkan waktu sekitar 25 menit dengan menyusuri Sungai Kampar arah ke hulu, atau melalui jalan darat sekitar 15 menit dari Pangkalan Kerinci. Selain menikmati panorama Danau Tanjung Putus, pengunjung juga bisa juga memancing Ikan yang hidup di danau.

Baca juga : Wisata di Tembilahan

4. Istana Sayap

Istana Sayap

Istana sayap yang terletak di Desa Pelalawan, Kecamatan Pelalawan merupakan peninggalan sejarah dari Zaman Kerajaan Pelalawan.

Istana Sayap Pelalawan mulai dibangun oleh Tengku Sontol Said Ali  tahun 1886-1892 M, ia adalah Sultan Pelalawan ke 29, sebagai istana kerajaan. Namun setelah wafat sebelum istana belum selesai, dan dilanjutkan pembangunannya oleh Sultan Syarif Hasyim II tahun 1892- 1930 M. Lalu ia juga menambahkan bangunan di sayap kanan dan kiri Istana, dan sebab itu Istana Kerajaan Pelalawan ini di namakan Istana Sayap dan setelah selesai dibangun pada tahun 1896.

Tapi sangat disayangkan pada tanggal 19 februari 2012 terjadi kebakaran di istana sayap yang membuat banyak peninggalan sejarah dan istana tersebut menjadi ikut terbakar.

Saat ini istana sayap telah di bangun kembali oleh pemerintah kabupaten Pelalawan sesuai dengan kondisi aslinya, dimana dengan nuansa dan warna masih menggambarkan unsur kerajaan pelalawan.

Baca juga : Wisata di Kota Binjai

5. Pantai Ogis

Pantai Ogis

Salah satu pantai yang indah dan dapat kamu kunjungi di Pelalawan yaitu Pantai Ogis. Pantai yang berada dekat dengan lokasi Ombak Bono ini menawarkan sebuah keindahan alam begitu indah dan luar biasa. Lokasinya berada di Kecamatan Teluk Meranti, di Kabupaten Pelalawan.

Baca juga : Wisata di Balige

6. Suaka Margasatwa Sungai Kerumutan

Suaka Margasatwa Sungai Kerumutan

Pesona keindahan dari hutan di tempat ini tidak lepas dari kabupaten Pelalawan. Salah satu tempat wisata menawan bagi kamu pecinta alam yaitu Suaka Margasatwa sungai Kerumutan. Hutan ini menjadi hutan yang ditetapkan oleh UNESCO sebagai cagar biosferdunia yang merupakan salah satu tempat wisata alam yang sangat menggagumkan.

Banyak flora serta fauna menarik khas lahan gambut yang terdapat di tempat ini. Kamu tentu akan menemui flora langka dan unik seperti kantung semar, meranti,perupuk, punak, nipah, rengas, pandan dan banyak lagi jenis lainnya.

Fauna disana juga begitu mengagumkan. Jika beruntung kamu bisa melihat berbagai macam satwa liar pada tempat ini seperti burung enggang, harimau dahan, monyet ekor panjang, beruang madu kuntul putih, owa, itik liar, ikan arwana,  buaya sinyulong dan sebagainya.

7. Taman Nasional Tesso Nilo

Taman Nasional Tesso Nilo

Bagi kamu yang ingin melihat flora dan fauna Indonesia khas dari hutan hujan tropis, maka kamu bisa berkunjung ke Taman Nasional Tesso Nilo. Taman yang memiliki luas sekitar 38.576 hektar dihuni ratusan jenis flora dan fauna.

Taman Nasional yang terletak di Kabupaten Pelalawan dan Indragiri merupakan salah satu tempat yang cocok untuk melakukan petualangan. Di tempat ini dapat menikmati indahnya kicauan burung yang merdu dan para kawanan gajah liar serta jenis satwa lainnya. Menjadi pengalaman yang menarik dan berkesan.

8. Danau Betung

Danau Betung

Salah satu pesona alam lainnya yaitu Danau Betung. Danau yang juga menawarkan hamparan indah yang menyejukkan. Di tengah danau terdapat rumah adat Petalangan yang menjadi saksi bduaya berdirinya Kabupaten Pelalawan.

Objek wisata yang terletak di Desa Betung, tepat di Kecamatan Pangkalan Kuras, Kabupaten Pelalawan. Danau yang merupakan salah satu pilihan tepat bagi para wisatawan yang ingin berlibur harga murah di Pelalawan. Karena memasuki danau ini tidak dikenakan biaya apapun.

Walau fasilitas di tempat ini masih sangat minim, pesona keindahan danau tentu akan membuat perasaan menjadi bahagia. Di tempat ini juga kamu bisa merasakan segarnya air danau, serta bisa  memancing dan bermain perahu untuk berkeliling danau.

9. Danau Tajwid

Danau Tajwid

Keindahan objek wisata danau yang diyakini mampu menghilangkan berbagai kelelahan menjadi terkenal di tempat ini. Keindahan alam hijau dan teduh mampu memberikan suasana yang sangat rileks bagi pengunjungnya.

Di Pelalawan terdapat sebuah danau yang cukup menakjubkan dan menarik. Danau tersebut yaitu Danau Tajwid atau Danau Kajuid yang terletak di Kecamatan Langgam, Kabupaten Pelalawan, Riau.

Danau yang memiliki jarak 30 kilometer dari kota Pangkalan Kerinci, banyak sekali hal menarik yang bisa dilakukan. Seperti bersantai menikmati indahnya alam, memancing ikan, berperahu dan juga melakukan aktivitas kemah.

Keindahan danau yang sangat layak dijadikan tempat wisata menarik di Pelalawan. Meski fasilitas memang masih terbilang minim, namun tempat ini tetap mampu memancarkan pesona wisata yang sangat indah.

Demikian beberapa contoh dari 9 Objek Wisata Pelalawan Riau Wajib Dikunjungi. Semoga menjadi manfaat.

Tags

Novriadi A.S

Hallo, perkenalkan nama saya novriadi antonius dan situs ini merupakn milik saya, Saya juga ingin berbagi pengetahuan kepada teman-teman sekali dengan apa yang saya dapat. Dan semoga teman-teman bisa terbantukan dengan adanya situs saya ini. Terimakasih Selamat Membaca.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close