wisata

√ 10 Destinasi Wisata di Simalungun Sumatera Utara

Pematang Siantar menjadi sebuah Kota di Sumatera Utara, Kota yang memiliki sejuta pesona dan keindahan alam yang menakjubkan. Banyak yang tersembunyi, sehingga masih banyak orang yang belum mengetahui keindahan dan tempat keren yang ada di Pematangsiantar ini. Pematangsiantar juga terdapat Spot objek wisata keren, mulai dari Situs budaya, situs bersejarah, spot foto kekinian, sampai Air Terjun yang bisa kamu jelajahi.

Disaat kamu menentukan untuk berwisata ke Sumatra Utara, maka jangan pernah melewatkan destinasi menawan yang ada di dalamnya. Kamu akan dibuat terpana dan penasaran untuk mencari tahu tempat mana yang menarik lagi lainnya. Nah, berikut ini contoh dari 10 Destinasi Wisata di Simalungun Sumatera Utara Yang Harus Dikunjungi.

1. Air Terjun Mamabu

Air Terjun Mamabu

Air Terjun Mamabu atau disebut dengan air terjun Jambuara merupakan salah satu air Terjun yang ada di Simalungun. Air Terjun yang terletak Di Desa Aek Komangin, Kecamatan Hatonduan Kabupaten Simalungun Tanah Jawa. Air Terjun yang masih alami dan belum banyak masyarakat yang mengetahuinya.

Untuk mencapai lokasi Air Terjun Mamabu, akan menghabiskan waktu sekitar 1 Jam dari kota Siantar sampai ke Tanah Jawa. Melalaui jalanan perkebunan Sawit PTPN yang masih belum baik jalanya sehingga harus berhati – hati dan waspada karena jalan yang bebatuan.

Baca juga : Wisata di Tebing Tinggi

2. Air Terjun Tonduhan

Air Terjun Tonduhan

Air Terjun Tonduhan berada Desa Buntu Bayu, Kecamatan Tonduhan, Simalungun. Berlokasi di areal perkebunan kelapa sawit PTPN IV Hatonduan, 33 Km dari Pematang Siantar. Membutuh waktu sekitar 1 Jam dari Kota Siantar. Bisa ditempuh dengan mobil dan sepeda motor. Jalan menuju air terjun tidak beraspal dan cukup baik dan rata. Harus melewati persawitan untuk dapat ke air Terjun.

Air Terjun Tonduhan ini tidak terlalu populer dan mungkin hanya ramai dikunjungi oleh warga sekitar Siantar dan Tanah Jawa. Untuk sampai di bawah air terjun, harus menuruni anak tangga yang telah dibuat oleh pengelola.  Jika malas turun, pengunjung juga masih bisa menikmati dari atas. Seperti Air Terjun Sipiso-piso yang dari jauh sudah bisa dilihat.

Alamatnya Buntu Kode, Saribu Asih, Hatonduhan, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara.

Baca juga : Wisata di Siborong-Borong

3. Pemandian Alam Aek Manik

Pemandian Alam Aek Manik

Sebuah pemandian Alam Aek Manik atau nama lainnya yaitu Pemandian Alam Bah Damanik. Jarak tempuh dari Medan mencapai 150 Km dengan waktu 4 jam perjalanan.

Untuk menuju ke Aek Manik arah perjalanannya sama saja saat anda berwisata ke Kebun Teh Sidamanik. Jadi saat kamu sudah sampai di pusat kota siantar, dan mengambil rute ke arah Prapat. Setelah lanjut maka akan menemukan simpang 3. Jika terus saja, maka bisa tembus sampai ke prapat. Lalu belok ke kanan untuk menuju ke Sidamanik, dari sini sekitar 45 menit untuk sampai ke Lokasi Aek Manik.

Jika dari Medan ataupun Siantar, Lokasi Aek Manik berada sebelum perkebunan teh. Tepatnya berada di Desa Huta Lama kecamatan Sidamanik Kabupaten Simalungin Sumatera Utara.

Untuk mendapati lokasi Pemandian Alam Aek Manik, akan mudah harus turun dengan menuruni puluhan anak tangga. Sampai sudah di Pemandian Alam Aek Manik. Airnya terlihat biru, jernih dan juga sejuk. Tempat wisata alam ini diberi nama Bah Damanik oleh pengelolanya. Namun warga sekitar lebih sering dan nyaman menyebutnya dengan nama Aek Manik.

Berlokasi di Ambarisan, Sidamanik, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara.

Baca juga : Wisata di Kota Tarutung

4. Air Terjun Bah Biak

Air Terjun Bah Biak

Air Terjun Bah Biak terletak di Sidamanik, Kabupaten Simalungun persis bersebelahan dengan kebun teh.

Agar dapat menuju ke air terjun Bah Biak kamu bisa memilih 2 rute, yaitu dari Siantar dan dari Tiga Runggu. Jika dari Medan dan Parapat kamu bisa melalui rute Siantar karena akan lebih dekat. Sementara yang berada di Tanah Karo atau Dairi kamu bisa melalui rute Tiga Runggu. Air terjun Bah Biak sangat dekat dengan jalan raya, jaraknya hanya kurang lebih 1km, lokasinya berada sedikit di jurang, kondisi jalan menuju lokasi yang sedikit licin.

Berlokasi di Sidamanik, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara.

Baca juga : Wisata di Labuhanbatu

5. Swiimbath

Swiimbath

Swiimbath adalah sebuah Kolam Renang alami, dimana sumber airnya berasal dari mata air yang begitu jenih. Kolam ini dibangun pada masa Pemerintahan Hindia Belanda menurut infomrasi yang saya dapatkan tempat ini merupkan kolam renang untuk orang-orang Belanda karena lokasi ini masih menjadi bagian dari Perkebunan PTPN IV Laras. Ini menjadi sebuah rekreasi keluarga yang murah, nyaman dan menyenangkan. Kolam Sejuk ini berada di Nagori Naga Soppah Kecamatan Bandar Huluan Kabupaten Simalungun. Swiimbath juga dikenal dengan nama Kolam Renang Bahapal.

Alamat: Laras Bandar Huluan, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara.

Baca juga : Wisata di Dolok Sanggul

6. Umbul Manigom

Umbul Manigom

Umbul Manigom atau Aek Manigom mulanya tidak diketahui oleh banyak orang. Lokasinya yang jauh dari pusat kota membuat wisatawan malas berkunjung ke tempat ini. Alasan itu pula yang membuat pemandian ini menjadi terlantar. Kesan tempat ini terlihat banyak rerumputan liar dibiarkan panjang. Namun, munculnya traveler yang sengaja berfoto membuat Umbul ini mulai dikunjungi banyak orang.

Berlokasi di Buntu Bartong, Tiga Dolok, Dolok Panribuan, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara.

7. Puncak Simarjarunjung

Puncak Simarjarunjung

Keunggulan wisata alam Puncak Simarjarunjung yang menyajikan keindahan alam yang dapat menjadi pilihan, seperti keindahan Danau Toba dari atas puncak, pemandangan indah sunrise, dan juga sunset. Tempat wisata yang menjadi tempat favorit bagi para pengunjung atau wisatawan pecinta alam.

Berlokasi di Jl. Simarjarunjung, Butu Bayu Pane Raja, Dolok Pardamean, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara.

8. Kawah Putih Dolok Tinggi Raja

Kawah Putih Dolok Tinggi Raja

Tidak hanya di Bandung Jawa Barat yang memiliki surga bukit kapur namun ada juga di Sumatra objek wisata kawah putih namanya Dolok Tinggi Raja yang yang berada di kawasan cagar alam Desa Dolok Tinggi Raja, Kecamatan Silau Kahean, Kabupaten Simalungun, Sumatera utara. Lokasi wisata air panas yang memiliki luas mencapai 4 hektar dan masih alami dapat dijangkau dengan menggunakan kendaraan roda 4 dan juga roda 2 selama kurang lebih 3-4 jam dari kota Medan.

Lokasinya ada di Dolok Marawa, Silau Kahean, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara.

9. Ael Nauli

Ael Nauli

Hutan lindung yang tidak hanya dapat kamu jadikan sebagai tempat wisata alam namun juga sebagai tempat edukasi dengan adanya berbagai flora dan fauna di dalamnya. Di tempat ini bisa ditemukan berbagai flora dan fauna endemik dan langka di Indonesia. Kamu juga dapat menikmati pemandangan alam yang indah seperti pemandangan Danau Toba yang dapat terlihat dari ketinggian diatas permukaan laut.

10. Bukit Gundul

Bukit Gundul

Bukit yang berada di kawasan Air Terjun Sipiso-Piso, berada sisi kiri perjalanan menuju air terjun. Namun, bukit ini dapat menjadi tujuan sebelum ke air terjun. Tempat yang terkenal sebagai tempat untuk berkemah Camping Ground dengan pemandangan indah dari atas bukit dengan hamparan Danau Toba.

Dibutuhkan waktu, energi dan keberanian untuk bisa mencapai puncak bukit Sipiso-piso, karena tempatnya yang eksotis memang pasti lebih sulit mencapainya.

Berlokasi di Naga Mariah, Pematang Silimahut, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara.

Sekian rekomendasi dari 10 Destinasi Wisata di Simalungun Sumatera Utara Yang Harus Dikunjungi. Selamat berlibur.

Tags

Novriadi A.S

Hallo, perkenalkan nama saya novriadi antonius dan situs ini merupakn milik saya, Saya juga ingin berbagi pengetahuan kepada teman-teman sekali dengan apa yang saya dapat. Dan semoga teman-teman bisa terbantukan dengan adanya situs saya ini. Terimakasih Selamat Membaca.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close