wisata

√ 8 Destinasi Wisata Pantai di Aceh Wajib Dikunjungi

Setel terjadinya bencana alam yaitu tsunami yang begitu dahsyat di tahun 2004 lalu, sebagian wilayah di Aceh banyak yang mengalami kerusakan termasuk beberapa tempat wisata di Aceh.

Namun dengan berjalannya waktu, maka saat ini Aceh berhasil bangkit kembali dan menata wilayahnya dengan baik termasuk dalam sektor pariwisata yang menjadi aset berharga kebanggaan warga Aceh.

Aceh yang memiliki potensi wisata alam yang luar biasa indahnya, tidak mengherankan jika banyak para wisatawan yang menjadikan Aceh sebagai salah satu destinasi wisata favorit saat liburan tiba.

Keindahan pantai, pulau, air terjun, dan pegunungan di Aceh sudah bukan rahasia lagi sehingga banyak wisatawan yang rela menghabiskan waktu liburannya demi menjelajahi keindahan alam di Aceh bersama teman atau keluarga.

Selain wisata alam yang mempesona, Aceh juga memiliki potensi wisata yang berbeda dan pastinya menarik untuk dikunjungi. Berikut ini contoh 8 Destinasi Wisata Pantai di Aceh Wajib Dikunjungi Saat Liburan:

Baca juga : Destinasi Wisata Kota Aceh

1. Pulau Mincau

√ 8 Destinasi Wisata Pantai di Aceh Wajib Dikunjungi
Pulau Mincau

Berkunjung ke Aceh jangan hanya pergi ke Masjid Baiturrahman saja, namun cobalah sesekali untuk menjelajah lebih dalam dan temukan harta yang tersimpan didalamnya.

Salah satu harta tersimpan yang dimiliki oleh Aceh yaitu Pulau Mincau. Pulau kecil namun akan memberi arti mendalam bagi liburan para wisatawan.

Keindahan Pulau Mincau tidak perlu diragukan lagi. Karena, pulau yang berada di Teupah Barat, Simeulue, Aceh ini pesonanya sudah merebak ke segala penjuru dunia, bahkan pernah dijadikan tempat syuting untuk produk bikini dari Hawaii.

Pantainya yang cantik, dengan hamparan pasir putih yang sangat bersih dan memanjakan mata. Air lautnya yang jernih berwarna biru dengan gradasi yang mampu meluluhkan hati. Kesempurnaan pesona Pulau Mincau tidak bisa diwakilkan dengan apapun juga.

Di Pulau Mincau, para wisatawan dapat menikmati keindahan dengan menyelami airnya yang jernih dan bersih, bermain selancar, bermain pasir, berenang ataupun hanya sekadar duduk-duduk sambil memejamkan mata untuk meresapi suasana yang tenang dan mendamaikan jiwa.

Bila hendak berlibur ke pulau ini, maka wisatawan harus membawa kamera terbaik dan kamera bawah laut agar bisa mengabadikan moment liburan dengan maksimal dan mampu mengambil gambar keindahan bawah laut Pulau Mincau dengan hasil yang memuaskan  dan bisa mengabadikan pesona liburan yang menyenangkan.

Lokasi: Pulau Mincau, Simeulue, Aceh.

Baca juga : Wisata Kota Bandung

2. Pantai Iboih

Pantai Iboih
Pantai Iboih

Pantai Iboih merupakan salah satu dari beberapa tempat wisata pantai yang menjadi primadona di kalangan wisatawan di Pulau Weh. Pantai yang menjadi salah satu tujuan para pelancong dari berbagai belahan dunia. Tidak mengherankan jika saat kita berkunjung ke pantai ini maka akan didominasi oleh wisatawan mancanegara yang menetap sampai waktu yang lama.

Pantai Iboih nama sebenarnya yaitu “Teupin Layeu”, namun lebih dikenal dengan nama Pantai Iboih. Pantai Iboih menawarkan segala keindahan bawah laut yang bisa dinikmati bahkan tanpa harus berenang sekalipun. Tidak sedikit wisatawan yang menyatakan keindahan Pantai Iboih, hutan lindung Iboih memiliki garis pantai yang menawan dengan pasir berwarna keemasan dan batuan besar yang bersusun.

Baca juga : Wisata Kota Medan

3. Pantai Kuala Raja

Pantai Kuala Raja
Pantai Kuala Raja

Ketika berada di Bireuen, maka tidak akan lengkap rasanya jika tidak menyempatkan diri untuk mampir dan menikmati deretan pantai indah yang tersebar di daerah ini. Salah satunya adalah Pantai Kuala Raja yang menjadi primadona baru bagi masyarakat setempat. Letak Pantai Kuala Raja berada pada Desa Kuala Raja, Kecamatan Kuala, Kabupaten Bireuen, Aceh.

Pantai Kuala Raja menjadi tempat wisata muda mudi, walau sebagai tempat wisata, adat dan budaya setempat menjadikan Pantai Kuala Raja tetap terjaga dan menjadi objek wisata Islami di kabupaten yang dijuluki sebagai Kota Santri. Indahnya Pantai Kuala Raja menjadi tempat bagi para wisatawan lokal Bireuen untuk menikmati hari libur bersama keluarga dan kerabatnya, dan membuat suasana sore di Pantai Kuala Raja seakan berubah karena begitu antusiasnya pengunjung yang datang.

Baca juga : Wisata Kota Jogja

4. Pantai Ujong Batee

Pantai Ujong Batee
Pantai Ujong Batee

Sebagai daerah yang terletak di pesisir ujung barat pulau Sumatera, Aceh dikelilingi garis pantai yang panjang. Salah satu pantai yang baik menjadi tujuan wisata jika sedang di Aceh adalah Pantai Ujong Batee. Pantai Ujong Batee berlokasi di Kecamatan Mesjid Raya, Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Nanggroe Aceh Darusallam.

Pantai yang berjarak kurang lebih 17 kilometer ke arah timur dari Banda Aceh, pantai ini dapat dijangkau dalam waktu 20 menit perjalanan menggunakan kendaraan pribadi. Pantai Ujong Batee berada di pesisir Aceh Besar bagian timur laut. Berkunjung ke pantai ini, kamu akan mendapatkan suasana penuh kesunyian yang menenangkan, ditemani keindahan laut Selat Malaka. Dalam bahasa Aceh, “Ujong Batee” berarti ujung batu.

Baca juga : Wisata Kota Palembang

5. Pantai Lampuuk

Pantai Lampuuk
Pantai Lampuuk

Menikmati teriknya matahari di pantai berpasir putih, berselancar di ombak laut yang biru, dan menunggu sinar matahari terbenam tidak hanya bisa dinikmati di Bali. Aceh juga memiliki tempat wisata Pantai Lampuuk yang memiliki semua kelebihan itu. Pantai yang berada di wilayah Kecamatan Lhoknga, Aceh Besar, menghadap ke Samudra Hindia.

Pantai yang menjadi salah satu primadona Provinsi Aceh sebelum terjadinya Tsunami Aceh tahun 2004 lalu. Saat tsunami terjadi Pantai Lampuuk juga terkenal gelombang besar sehingga penginapan maupun hotel di sekitar pantai mengalami kerusakan parah termasuk keindahan panorama pantai. Namun, setelah 11 tahun lebih berlalu, maka pantai ini kembali menampakkan keindahan panorama alamnya bahkan hampir menyamai Pantai Kuta di Bali.

6. Pantai Lhok Mee

Pantai Lhok Mee
Pantai Lhok Mee

Setiap Tempat Wisata pantai yang ada di Aceh memiliki pesona yang menawan. Salah satu pantai yang memiliki pesona yang menarik adalah Pantai Lhok Mee. Pantai Lhok Mee yang terkenal dengan pantai pasir putih dan pohon dalam air ini terletak di Desa Lamreh, Kecamatan Mesjid Raya, Kabupaten Aceh Besar, Aceh. Kebanyakan pantai di Aceh Besar akan terlihat indah dengan deretan pohon cemaranya, dan di Pantai Pasir Putih Lhok Mee ini sedikit berbeda, karena kita bisa menyaksikan keindahan pohon yang tumbuh berjejer di dalam permukaan laut.

Penduduk di sana menyebut pohon tersebut dengan Geurumbang. Juga ada akar-akar bakau yang menjulang di tepi pantainya. Air laut yang bisa pasang-surut seketika. Ketika air laut tersebut pasang, pasir pantai yang putih tersebut berpadu warnanya dengan air laut yang biru dan terkesan sangat bening. Membuat pantai ini patut menjadi destinasi pilihan saat berlibur di Aceh.

7. Pantai Kuala Merisi

Pantai Kuala Merisi
Pantai Kuala Merisi

Kuala Merisi merupakan tempat yang tepat untuk menikmati suasana pantai yang sepi dan juga tenang. Pantai yang terletak di Desa Ketapang, Kecamatan Krueng Sabee memiliki garis pantai yang panjang dengan pasir putihnya yang bersih dan lembut sekali.

Dengan ombak laut yang tenang dan pemandangan pantai yang sangat menakjubkan, maka membuat Pantai Kuala Merisi layak sebagai tempat liburan akhir tahun bersama keluarga.

8. Pantai Amandangan

Pantai Amandangan
Pantai Amandangan

Pantai Amandangan yaitu sebuah pantai wisata yang terletak di Pulau Bangkaru wilayah Kabupaten Aceh Singkil. Selain pemandangan pantainya yang sangat mempesona, pemandangan bawah laut Pantai Amandangan juga sangat menakjubkan. Di tempat ini kamu dapat melakukan aktivitas diving dan snorkeling.

Selain itu di Pantai Amandangan juga dapat menyaksikan fenomena unik. Di pantai ini kamu dapat melihat 3 sampai 5 ekor penyu berjalan di pasir pantai untuk bertelur di Pantai Amandangan pada malam hari. Sangat pas untuk dijadikan sebagai pilihan liburan kamu bersama keluarga dan teman.

Nah, demikianlah 8 Destinasi Wisata Pantai di Aceh Wajib Dikunjungi Saat Liburan. Semoga menjadi rekomendasi kamu dalam berlibur ya.

Tags

Novriadi A.S

Hallo, perkenalkan nama saya novriadi antonius dan situs ini merupakn milik saya, Saya juga ingin berbagi pengetahuan kepada teman-teman sekali dengan apa yang saya dapat. Dan semoga teman-teman bisa terbantukan dengan adanya situs saya ini. Terimakasih Selamat Membaca.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close