wisata

√ 6 Destinasi Wisata Aceh yang Ramai Dikunjungi Saat Liburan

Kota Banda Aceh menjadi ibukota dari Provinsi Aceh saat ini. Kota yang dikenal dengan hukum syariahnya. Namun dibalik itu semua kota syariah ini menyimpan banyak sekali keindahan alam dan juga tempat wisata yang harus dikunjungi ketika berlibur ke tanah Serambi Mekkah ini.

Banda Aceh juga merupakan salah satu destinasi wisata halal atau halal tourism di Indonesia. Karena Banda Aceh merupakan kota Islam tertua dari seluruh kota yang ada di Asia Tenggara.

Setelah musibah tsunami pada tahun 2004 lalu, maka kota ini sedang dalam masa pembenahan dan pembangunan, dan termasuk di sektor pariwisata. Berikut ini 6 Destinasi Wisata Aceh yang ramai dikunjungi saat liburan yang bisa kamu jadikan pilihan:

1. Museum Tsunami

√ 6 Destinasi Wisata Aceh yang Ramai Dikunjungi Saat Liburan
Museum Tsunami

Setelah terjadinya musibah tsunami yang pernah melanda Aceh beberapa tahun lalu, maka lahirlah Museum Tsunami yang dibangun untuk mengenang kejadian maha dahsyat tersebut.

Museum Tsunami yang dibangun oleh seorang arsitek luar biasa yang saat ini menjadi Gubernur Jawa Barat yaitu Ridwan Kamil. Desain dan konsep museum yang sangat menarik dan mengandung nilai sejarah yang tinggi.

Museum yang menjadi monumen simbolis bencana alam tsunami dan gempa bumi yang juga menjadi pusat pendidikan bencana. Museum ini memiliki empat lantai dengan total luas 2.500 meter persegi.

Di pintu masuk pengunjung harus melalui lorong sempit dan gelap yang diapit oleh dinding air tinggi yang bermaksud sebagai representasi kejadian tsunami yang panik dan mengerikan. Dinding museum sendiri dihiasi dengan gambaran penari Saman yang menjadi tarian khas Aceh.

Dan dilihat dari atas museum yang membentuk gelombang tsunami, sedangkan lantai dasar museum didesain mirip dengan rumah panggung tradisional khas Aceh.

Ada sebuah ruangan yang berbentuk meruncing sampai ke atap, dinding ruangan tersebut ditulisi dengan nama ratusan korban tsunami yang ditutup dengan lafadz Allah pada bagian ujung atas atapnya.

Di tempat lainnya yang menarik yaitu koleksi foto-foto dan dokumen ketika bencana dahsyat ini terjadi. Bangunan wisata Aceh ini langsung berbatasan dengan lapangan Blang Padang yang sering digunakan oleh masyarakat sekitar untuk tujuan bersantai atau olahraga.

Baca juga : Wisata Kota Bandung

2. Pantai Lampuuk

Pantai Lampuuk
Pantai Lampuuk

Setelah kamu puas menikmati keindahan kota, selanjutnya kita akan pergi ke tempat wisata alam di Banda Aceh yang terkenal dan populer sampai ke luar Aceh yaitu Pantai Lampuuk.

Pantai yang terkenal karena keindahan alam yang masih terjaga dan pasir yang bersih. Para turis sering berkunjung untuk tujuan wisata keluarga, bulan madu dan juga liburan.

Wisatawan sering mengunjungi tempat ini walaupun hanya untuk menikmati sunset nya. Selain untuk menikmati sunset, Pantai Lampuuk juga terkenal untuk wisatawan yang ingin mencoba surfing. Karena pantai ini juga dikenal karena ombak yang sangat bersahabat dengan para peselancar.

Untuk kamu yang ingin membawa keluarga, ada fasilitas banana boat yang bisa anda sewa untuk menjelajah areal tepi laut dari atas permukaan. Para pengunjung juga sering menikmati waktu mereka di Pantai Lampuuk dengan berenang.

Di pinggiran pantai ada banyak penjual yang siap menyajikan berbagai sajian makanan ketika pengunjung merasa lapar sehabis berenang. Makanan yang dijual mulai dari mie Aceh, nasi goreng sampai es kelapa muda.

Kamu juga bisa menyewa pondok-pondok di tepi pantai untuk bersantai.

Baca juga : Wisata Kota Medan

3. Museum Aceh

Museum Aceh
Museum Aceh

Tidak jauh dari Museum Tsunami, ada museum lainnya yang wajib dikunjungi oleh wisatawan karena mengandung nilai sejarah dan budaya khas Aceh.

Museum tersebut yaitu Museum Aceh yang bisa dijadikan sebagai tempat wisata edukasi seni dan budaya Aceh. Di Museum ini, kamu bisa mempelajari seluruh budaya masyarakat Aceh dari dulu sampai sekarang.

Objek utama yang menjadi daya tariknya yaitu bangunan Rumoh Aceh. Rumah ini merupakan rumah khas masyarakat Aceh yang berbentuk panggung.

Selain itu, museum ini menyimpan ragam koleksi yang terbagi menjadi 3 klasifikasi yaitu koleksi organik, anorganik dan campuran yang kemudian terbagi lagi menjadi 10 disiplin ilmu.

Maka dari itu museum ini menjadi salah satu tempat wisata di Banda Aceh yang harus dikunjungi untuk menambah wawasan tentang warisan budaya dan mempelajari nilai Islam yang sudah tertanam di jiwa masyarakat Aceh sejak lama.

Museum Aceh yang berlokasi di Jalan Sultan Alaidin Mahmudsyah, Kota Banda Aceh yang juga berdekatan dengan Masjid Raya Baiturrahman dan Museum Tsunami.

Baca juga : Wisata Malam Jogja

4. Gunongan

Gunongan
Gunongan

Tempat wisata di Banda Aceh berikutnya adalah Gunongan yang merupakan bangunan bersejarah dari zaman raja di Aceh terdahulu. Gunongan sendiri memiliki arti gunung kecil yang konon katanya dibangun oleh Sultan Iskandar Muda untuk menyenangkan hati permaisurinya yaitu Putroe Phang.

Putri Pahang atau Putroe Phang menjadi istri kedua raja setelah Putri Tsani yang merupakan istri pertama raja. Disekitarnya ada dua taman yang dibangun yaitu Taman Ghairah dan Taman Sari.

Taman Ghairah sendiri mempunyai area yang cukup luas termasuk tempat pemandian Putroe Phang bersama para dayang. Di sekitar taman yang dihiasi dengan bunga-bunga dan kebun yang hijau.

Baca juga : Wisata Kota Palembang

5. Masjid Raya Baiturrahman

Masjid Raya Baiturrahman
Masjid Raya Baiturrahman

Tempat pertama yang harus kamu kunjungi yaitu masjid Raya Baiturrahman yang terletak di tengah ibukota Aceh ini. Masjid indah yang sudah menjadi ikon Aceh dari masa ke masa.

Pemerintah Kota Banda Aceh melakukan perbaikan kepada areal depan masjid yaitu dengan mendesain area luar masjid seperti desain Masjid Nabawi di Kota Madinah.

Hal ini bertujuan untuk mengundang para wisatawan untuk mampir ke Masjid ini. Bukan hanya wisatawan luar saja, namun masyarakat lokal saja terus mendatangi masjid indah ini.

Selain menjadi tempat ibadah, masjid yang terkenal akan keindahan arsitektur dan konsep nya. Oleh karena itu, mesjid ini kerap kali dijadikan objek wisata utama turis domestik dan internasional.

Jika kamu berkunjung ke Masjid Raya Baiturrahman, maka bisa dengan mudah berkunjung ke tempat lain yang juga menjadi tujuan utama sektor pariwisata. Contohnya seperti Museum Tsunami, Warung Kopi, PLTD Apung dan juga Pantai Lampuuk.

Baca juga : Wisata Kota Surabaya

6. Pantai Lhoknga

Pantai Lhoknga
Pantai Lhoknga

Salah satu tempat wisata di Banda Aceh yang wajib untuk dikunjungi, yaitu pantai Lhoknga. Pantai yang berjarak sekitar 20 KM dari kota Banda Aceh memiliki pasir yang putih dan pantai yang biru dan mampu memikat pengunjung yang datang. Dengan jarak yang cukup jauh dari pusat perkotaan, pantai ini cukup sepi kecuali pada akhir pekan.

Pantai Lhoknga akan memberikan nuansa menyenangkan bagi pengunjung yang datang, sebab hanya terdapat bebatuan, pasir, dan air laut yang jernih sehingga pengunjung dapat melihat keasrian alamnya. Dan pantai yang pas untuk berlibur bersama orang terkasih.

Dengan demikian dapat diketahui 6 Destinasi Wisata Aceh yang ramai dikunjungi saat liburan yang bisa kamu jadikan pilihan saat berlibur di Aceh. Semoga penjelasan di atas menjadi manfaat. Selamat liburan.

Tags

Novriadi A.S

Hallo, perkenalkan nama saya novriadi antonius dan situs ini merupakn milik saya, Saya juga ingin berbagi pengetahuan kepada teman-teman sekali dengan apa yang saya dapat. Dan semoga teman-teman bisa terbantukan dengan adanya situs saya ini. Terimakasih Selamat Membaca.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close