wisata

√ 11 Destinasi Wisata Pantai di Pulau Bangka Belitung

Pulau Bangka merupakan pulau terbesar kesembilan yang ada di Indonesia. Pulau Belitung yang merupakan kembaran Pulau Bangka sudah terlebih dahulu terkenal berkat adanya pembuatan film yaitu Laskar Pelangi. Gabungan dari kedua pulau ini membentuk suatu provinsi yang disebut dengan Provinsi Bangka Belitung yang telah berdiri sejak tahun 2000, dengan Pangkal Pinang sebagai ibukotanya.

Seperti Pulau kembarannya, Pulau Bangka juga memiliki banyak potensi wisata alam yang spektakuler. Batuan granit yang berukuran besar telah menjadi ciri khas yang mengagumkan dari pantai di pulau ini. Pantainya yang masih alami dan jauh dari keramaian cocok sebagai tempat untuk melepas rasa penat dan stress-mu. Selain pantainya, Pulau Bangka juga memiliki wisata lain yang tidak kalah indahnya. Berikut contoh 11 Objek Wisata Pantai di Pulau Bangka Belitung Yang Sangat Menarik.

1. Batu Belimbing

√ 11 Destinasi Wisata Pantai di Pulau Bangka Belitung

Batu besar yang unik berada di Kecamatan Toboali. Tidak heran jika disebut batu belimbing karena bentuknya memang menyerupai buah belimbing. Kamu akan melihat pemandangan batu granit yang besar di pantai, batu yang satu ini letaknya ada di daratan. Ukurannya yang besar dan bentuknya yang unik tentu tidak boleh dilewatkan begitu saja. Kamu bisa berfoto untuk mengabadikan momen indah saat berada di tempat ini.

2. Bukit 7 di Desa Sempan

Bukit 7 di Desa Sempan

Membanjirnya penggemar destinasi wisata perbukitan yang instagenik membuat Pulau Bangka menyulap areal perbukitannya menjadi sebuah destinasi wisata yang menarik dan diminati. Salah satunya yaitu Bukit 7 di Desa Sempan.

Waktu terbaik untuk mengunjungi tempat ini yaitu menjelang matahari terbenam, namun jika tidak sempat, kamu tetap bisa datang kapan saja untuk menikmati indahnya pemandangan hutan Pulau Bangka dari pundak ketinggian.

Baca juga : Wisata Pantai di Kota Bengkulu

3. Bukit Pala

Bukit Pala

Pemandangan hutan dan pegunungan dari atas bukit sudah biasa, namun bagaimana jika bisa mendapatkan view pantai dari atas bukit. Di Bukit Pala ini, kamu bisa dengan bebas menikmati hamparan laut Cina Selatan dan eksotisme pantai di Teluk Limau.

Akses ke Bukit Pala cukup menantang, karena rutenya masih merupakan jalan setapak yang banyak ditumbuhi ilalang. Sesampai di atas bukit akan menemukan banyak spot foto menarik dengan pemandangan arah pantai. Salah satu yang unik yaitu tempat foto berbentuk sarang burung. Dari sini, kamu bukan hanya bisa menikmati semilir angin pantai yang sejuk, kamu juga akan dimanjakan dengan pemandangan pantai pulau Bangka yang indah membentang.

Baca juga : Wisata Pantai di Sumatera Barat

4. Bukit Merah

Bukit Merah

Red Hill atau Bukit Merah ini bentuknya mirip sekali dengan Grand Canyon  namun dengan ukuran yang lebih kecil. Bukit berwarna kemerahan ini juga merupakan bekas peninggalan tambang timah. Hanya memerlukan waktu 40 menit dari pusat kota Pangkal Pinang untuk sampai ke tempat ini.

Red Hill merupakan tebing yang mengelilingi suatu danau kaolin bernama Danau Ampar. Hal ini menjadi nilai tambah dari Red Hill, karena selain bisa menikmati bukit yang mempesona, kamu juga bisa melihat air danau biru yang menawan.

Baca juga : Wisata di Sumatera Selatan

5. Air Terjun Pait Jaya

Air Terjun Pait Jaya

Jika kamu bosan pergi ke pantai, maka kamu bisa melirik Air Terjun Pait Jaya di Muntok sebagai destinasi wisata. Lokasinya tidak jauh dari wilayah perkotaan, dan masih berada satu kompleks dengan Kawasan Perkantoran Bupati Bangka Barat. Walau sempat terbengkalai, sekarang Air Terjun Pait mulai mendapat perhatian kembali. Air terjun dipercaya telah ada sejak lama dan menjadi sarana istirahat bagi para pekerja tambang. Tidak ada salahnya untuk datang ke sini dan mencoba sensasi kesegarannya.

Baca juga : Wisata Pulau di Sumatera Barat

6. Pantai Tongaci

Pantai Tongaci

Pantai Tongaci berlokasi sekitar tiga kilometer dari Jalan raya Sungailiat, Belinyu. Merupakan kawasan rekreasi, pantai yang juga dijadikan sebagai tempat penangkaran penyu. Berbeda dengan pantai Pulau Bangka lain yang dihiasi banyak batuan granit, Pantai Tongaci didominasi dengan hamparan pasir putih yang luas.

Tidak usah khawatir dengan masalah penginapan karena kamu bisa menginap di berbagai hotel, seperti Batavia Resort. Dan mengenal lebih dekat kehidupan para penyu, kamu juga bisa berfoto ria di De Locomotief yang merupakan area terkenal dengan dekorasi artistik.

Baca juga : Wisata di Kota Padang

7. Pantai Dinding Batu Belinyu

Pantai Dinding Batu Belinyu

Pantai di Kecamatan Belinyu yang wajib dikunjungi adalah Pantai Dinding Batu. Di pantai ini, kamu akan menjumpai batu granit yang sangat besar sedang berdiri tegak.

Di bagian depan batu dinding, akan menjumpai batu pari yang menyerupai ikan pari serta batu kodok di sisi samping batu dinding. Suasana yang indah dan juga menyenangkan. Dijamin kamu akan ketagihan berada di tempat ini dan berfoto ria.

8. Pantai Penyusuk

Pantai Penyusuk

Pantai Penyusuk menjadi salah satu pantai cantik yang berada di Kecamatan Belinyu. Lokasinya yang strategis menjadikannya pusat island hopping ke Pulau Putri dan Pulau Lampu. Pantai Penyusuk masih relatif alami. Posisi Pantai Penyusuk berada di bagian utara Pulau Bangka membuat pantai ini juga asyik dijadikan spot untuk berburu sunset.

Pantai Penyusuk memiliki dua sisi bibir pantai dengan kedalaman yang berbeda. Bibir pantai yang tenang ditandai dengan berlabuhnya kapal-kapal kecil milik nelayan, sebaliknya bagian sisi pantai yang lebih dalam memiliki ombak yang cukup curam.

9. Pantai Parai Tenggiri

Pantai Parai Tenggiri

Pantai Parai Tenggiri memiliki lokasi yang berdekatan dengan Pantai Matras. Pantai yang cukup ramai dikunjungi wisatawan karena memiliki sebuah resort yang cukup terkenal yaitu Parai Beach Resort & Spa. Dengan ombak yang tenang, pasir yang putih dan pemandangan sunrise nya yang memukau, pantai yang tentu menjadi favorit banyak wisatawan.

Selain menikmati keindahan alamnya, kamu juga bisa melakukan berbagai aktivitas wisata bahari seperti memancing, berenang dan menyelam. Pantai Parai Tenggiri menjadi lokasi penyelaman yang istimewa karena berbatasan langsung dengan Laut Cina Selatan yang kaya akan aneka ragam hayati.

10. Pantai Tikus

Pantai Tikus

Pantai lain yang wajib kamu kunjungi di Bangka yaitu Pantai Tikus. Dinamakan Pantai Tikus karena terdapat banyak jalan tikus di areal pantai ini dan konon merupakan jalan para penambang gelap untuk membawa hasil timah. Pantai Tikus diapit oleh dua pantai terkenal lain, yaitu Pantai Rebo dan Pantai Tikus Emas. Fasilitas yang tersedia sudah cukup lengkap termasuk parkir, kamar ganti dan juga ada taman bermain.

Pantai Tikus biasa dikenal sebagai Pantai Vihara karena terdapat Vihara di sisi atas bukit area pantai. Kamu bisa mencoba naik ke Vihara Puri Agung dan menikmati pemandangan Pantai Tikus yang sangat indah. Posisinya yang terletak di Timur Laut Pulau Bangka menjadikannya tempat favorit untuk berburu sinar senja yang berpendar syahdu.

11. Pantai Matras

Pantai Matras

Pantai Matras yang berada di Kecamatan Sungai Liat dan berjarak sekitar 33 kilometer dari Pangkal Pinang. Pantai yang merupakan pantai terpanjang di Bangka, maka tidak heran jika hamparan lautan seakan luas tidak terbatas. Dengan berkendara sekitar 30 menit dari Pangkal Pinang, kamu sudah bisa menikmati air laut nan biru, jernih dan menakjubkan. Lembutnya pasir pantai dan uniknya bebatuan granit di sepanjang bibir pantai akan menjadi daya tarik tersendiri dari pantai ini.

Nah, demikianlah contoh dari 11 Objek Wisata Pantai di Pulau Bangka Belitung Yang Sangat Menarik. Semoga bermanfaat.

Tags

Novriadi A.S

Hallo, perkenalkan nama saya novriadi antonius dan situs ini merupakn milik saya, Saya juga ingin berbagi pengetahuan kepada teman-teman sekali dengan apa yang saya dapat. Dan semoga teman-teman bisa terbantukan dengan adanya situs saya ini. Terimakasih Selamat Membaca.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close