wisata

16 Destinasi Wisata di Sumatera Selatan yang Sedang Hits

Kota Palembang merupakan sebuah ibu kota provinsi di Sumatera Selatan. Palembang dikenal dengan dengan makanan khasnya yang bernama Pempek Palembang yang terkenal nikmat dan lezat. Makanan ini terkenal sampai ke pelosok Indonesia.

Jika kamu memiliki rencana liburan ke Kota Palembang, maka Kota ini menawarkan cukup banyak wisata pilihan yang cocok untuk dikunjungi. Selama ini Palembang terkenal dengan icon jembatan Ampera, namun bukan itu saja, ternyata kota ini juga memiliki banyak tempat-tempat wisata lainnya yang tidak kalah dengan wisata di kota besar lain.

Berikut ini ketahuilah 16 Destinasi Wisata di Sumatera Selatan yang Sedang Hits.

1. Waterpark Danau Tanah Mas

Waterpark Danau Tanah Mas

Tempat rekreasi pada awalnya dibangun sebagai sarana hiburan saja, namun dalam perkembangannya beralih fungsi sebagai tempat wisata yang cukup favorit.

Di lokasi ini para wisatawan bisa menikmati waktu liburan dengan berbagai fasilitas yang ada, seperti waterpark, taman dinosaurus, dan juga perahu bebek.

Lokasi berada di Tanah Mas, Talang Kelapa, Sukamoro, Talang Ijo, Kabupeten Banyu Asin Palembang.

Baca juga : Wisata Alam di Sumatera Selatan

2. Masjid Cheng Ho

Masjid Cheng Ho

Pilihan destinasi wisata religi di Palembang lainnya yaitu Masjid Cheng Ho yang berada di kawasan Jakabaring. Didominasi dengan warna merah dan ornamen Tiong Hoa, arsitektur masjid cukup unik karena memadupadankan gaya Timur Tengah dan juga Oriental.

Pembangunan masjid sendiri dilakukan sebagai bentuk penghormatan kepada Laksama Muslim dari daratan China, Cheng Hoo yang pernah berkunjung ke daratan Sriwijaya di masa kerajaan dahulu.

Baca juga : Wisata Taman di Jambi

3. Alquran Al Aqbar

Alquran Al Aqbar

Untuk kamu yang ingin berwisata religi di Palembang, cobalah berkunjung ke Pondok Pesantren Al Ihsaniyah Gandus karena disini kamu bisa melihat sebuah Alquran raksasa berukuran 1,7 x 1,4 meter yang diukir di atas kayu dan dibentangkan hingga setinggi bangunan lima lantai.

Tidak lupa, pastikan kamu berpakaian sopan saat mengunjungi tempat wisata di Palembang satu ini.

Baca juga : Wisata Air Terjun di Jambi

4. Situs Bukit Siguntang

Situs Bukit Siguntang

Objek wisata sejarah lainnya dari kota Palembang yaitu Situs Bukit Siguntang yang menyimpan sejarah perjalanan Kerajaan Sriwijaya. Lokasi yang merupakan titik tertinggi di Kota Palembang dimana kamu bisa menemukan makam-makam yang dari raja-raja, para bangsawan, dan tokoh Kerajaan Sriwijaya lainnya.

Baca juga : Wisata Pulau di Sumatera Barat

5. Museum Sultan Mahmud Badaruddin

Museum Sultan Mahmud Badaruddin

Museum Sultan Mahmud Badaruddin II menjadi pilihan tempat wisata di Palembang untuk kamu yang ingin mengetahui sejarah dari kesultanan Palembang. Bangunan museum sendiri memiliki nilai sejarah karena merupakan gedung dimana Sultan Mahmud Badaruddin I memerintah dahulu kala. Disini kamu bisa melihat berbagai peninggalan Kesultanan Palembang mulai dari benda arkeologi, keramik, etnografi, dan sebagainya.

Baca juga : Wisata Danau di Jambi

6. Taman Purbakala Sriwijaya

Taman Purbakala Sriwijaya

Situs bersejarah di Palembang awalnya bernama Situs Karangayar, merupakan lokasi ditemukannya tanda-tanda pemukiman dan taman yang dikaitkan erat dengan keberadaan Kerajaan Sriwijaya. Di sini kamu juga bisa menemukan Museum Sriwijaya yang menyajikan informasi mengenai situs dan temuan Sriwijaya di Palembang .

Pada bagian tengah taman purbakala terdapat pendopo berarsitektur rumah limas khas Palembang yang ditengahnya disimpan replika Prasasti Kedukan Bukit dalam kotak kaca. Prasasti ini menceritakan mengenai perjalanan Siddhayatra Dapunta Hyang yang dianggap sebagai tonggak sejarah berdirinya kemaharajaan Sriwijaya dahulu.

7. Pulau Kemaro

Pulau Kemaro

Pulau Kemaro merupakan sebuah pulau yang berada di tengah-tengah sungai Musi. Di Pulau ini terdapat Kelenteng dan juga Pagoda yang ramai dikunjungi saat perayaan Cap Go Meh. Selain itu juga, terdapat pula dua makam keramat dengan kisah legenda mengenai kisah cinta pribumi dan orang keturunan Cina pada masa lalu. Untuk kesana kamu bisa menggunakan getek atau perahu kecil untuk mencapai pulau ini.

8. Kampung Kapitan

Kampung Kapitan

Objek wisata Palembang yang juga berada di tepi sungai Musi merupakan lokasi wisata bersejarah di Palembang. Kampung Kapitan merupakan area pecinan dimana warga keturunan Tionghoa pertama kali bermukim di Palembang.

Disini kamu bisa menemukan bangunan tua dengan berbagai ornamen pecinan yang sudah bercampur dengan budaya lokal. Selain itu, terdapat juga pusat kuliner dimana kamu bisa melakukan wisata kuliner disini.

9. Taman Wisata Punti Kayu

Taman Wisata Punti Kayu

Untuk pecinta alam, destinasi wisata di Palembang satu ini mungkin bisa jadi referensi. Taman Wisata Punti Kayu merupakan hutan pinus dimana tidak cuma bisa menikmati alam tapi juga melakukan aktivitas outbond dan melihat berbagai jenis satwa seperti monyet yang ada di sana.

10. Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin II

Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin II

Masjid yang merupakan masjid terbesar di Palembang awalnya diprakarsai oleh Sultan Mahmud Badaruddin I pada tahun 1738 hingga 1748 dengan luas sekitar 1.080 M2. Setelah mengalami perombakan dan penambahan bangunan, maka luas keseluruhan Masjid ini menjadi 15.400 M2.

Keindahan arsitekturnya yang merupakan campuran antara peradaban Timur Tengah dan Cina menjadi daya tarik untuk mengunjungi destinasi wisata religi satu ini. Apalagi, lokasinya masih berdekatan dengan Jembatan Ampera dan juga Benteng Kuto Besak.

11. Benteng Kuto

Benteng Kuto

Benteng Kuto Besak yaitu bangunan bersejarah peninggalan Kesultanan Palembang yang kala itu dipimpin oleh Sultan Mahmud Badaruddin I yang memerintah pada tahun 1724-1758. Setelah mengalami proses pembangunan, kini Benteng Kuto Besak Benteng ditempati oleh Komando Daerah Militer (Kodam) Sriwijaya.

12. Jembatan Ampera

Jembatan Ampera

Obyek wisata Palembang satu ini begitu populernya dan menjadi ikon dari Kota Palembang. Melintasi sungai Musi, Jembatan Ampera paling indah dinikmati pada saat malam hari ketika lampu-lampu hias mulai menyala. Kamu bisa memilih restaurant-restaurant yang berada di tepian sungai Musi untuk menikmati keindahan jembatan atau titik terbaik lain untuk menikmati keindahan Jembatan Ampera yaitu dari Benteng Kuto Besak.

13. Museum Balaputra Dewa

Museum Balaputra Dewa

Berkunjung ke tempat ini akan membawa kamu pada masa Pra-Sejarah dengan berbagai macam koleksi peninggalannya. Menjadi tempat wisata yang cocok untuk kamu yang berlibur bersama keluarga. Tidak hanya mendapatkan masa liburannya saja, namun kamu juga akan mendapatkan ilmu baru mengenai masa peninggalan pra-sejarah, zaman Kerajaan Sriwijaya, sampai zaman Kesultanan Palembang.

Museum ini dibuka setiap hari, kecuali hari Senin dan hanya dikenakan biaya cukup murah.

14. Monumen Perjuangan Rakyat Palembang

Monumen Perjuangan Rakyat Palembang

Palembang juga memiliki pahlawan yang ikut serta dalam perjuangan kemerdekaan melawan penjajahan. Lokasi monumen ini sendiri berada di tengah kota Palembang, tepatnya berdekatan dengan Jembatan Ampera dan Masjid Agung. Di monumen ini kamu akan mendapati banyak sekali benda peninggalan sejarah dan juga peninggalan setelah masa penjajahan berakhir.

15. The Amanzi Waterpark

The Amanzi Waterpark

The Amanzi Waterpark menjadi destinasi terbaru di palembang yang cukup banyak dikunjungi saat musim liburan. Kamu akan mendapati beragam permainan seru dan menyenangkan. Diantaranya ada wahana Zimba dan Cora Pool, The Falls dengan seluncuran sepanjang 90 meter dan ketinggian 14 meter, The Raft dengan panjang 120 meter dan ketinggian 12 meter, Kilimmanjaro Tower, kolam arus River Nile sepanjang 500 meter dan wahana permainan lainnya yang dijamin seru juga menyenangkan.

16. Fantasy Island Palembang

Fantasy Island Palembang

Fantasy Island Palembang menjadi objek wisata terbaru yang menawarkan aneka permainan lengkap. Dengan harga tiket yang terjangkau, kamu bisa menikmati berbagai permainan seru yang telah disediakan. Mulai dari kolam luncur, kolam arus dan sungai tsunami yang mendebarkan. Untuk balita juga disediakan kolam khusus dengan kedalaman air yang dangkal dan sudah pasti aman.  Juga bisa menikmati permainan gokart atau kereta gantung.

Nah, demikianlah contoh dari 16 Destinasi Wisata di Sumatera Selatan yang Sedang Hits. Semoga bermanfaat.

Tags

Novriadi A.S

Hallo, perkenalkan nama saya novriadi antonius dan situs ini merupakn milik saya, Saya juga ingin berbagi pengetahuan kepada teman-teman sekali dengan apa yang saya dapat. Dan semoga teman-teman bisa terbantukan dengan adanya situs saya ini. Terimakasih Selamat Membaca.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close