wisata

√ 9 Objek Wisata Taman di Kota Pekanbaru yang Indah

Kota Pekanbaru merupakan ibu kota dan juga kota terbesar di provinsi Riau. Kota yang terkenal sebagai kota perdagangan dan jasa di Riau. Letaknya strategis, Pekanbaru mempunyai satu bandar udara internasional dan terminal bus antar kota dan antar provinsi, dan dua pelabuhan di Sungai Siak, yaitu Pelita Pantai dan Sungai Duku.

Jika kamu berencana untuk liburan ke Kota Pekanbaru dan sekitarnya, Kota ini menawarkan cukup banyak wisata alam untuk dikunjungi. Provinsi yang juga memiliki banyak tempat wisata yang bernuansa alam, sejarah, religi dan juga Kuliner yang tak kalah dengan kota besar lainya di Sumatera seperti wisata Medan, Palembang ataupun kota besar lainnya. Berikut ini 9 Objek Wisata Taman di Kota Pekanbaru yang Indah.

1. Taman Rekreasi Alam Mayang

Taman Rekreasi Alam Mayang

Taman rekreasi yang satu ini merupakan tempat favorit warga Pekanbaru untuk berlibur. Dengan mengusung konsep rekreasi di alam terbuka, Taman Rekreasi Alam Mayang menyediakan aneka kegiatan luar yang asyik.

Mulai dari banana boat sampai memancing bisa kamu lakukan di sini. Bahkan ikan tangkapan hasil memancing boleh dibawa pulang. Jangan lupa juga untuk berfoto di aneka spot yang instaworthy di area taman.

Lokasi yang juga merupakan favoritnya acara gathering outdoor untuk perusahaan, sekolah, tamu kenegaraan, atau sekedar arisan dan reuni. Tersedia berbagai fasilitas pendukung seperti pendopo, toilet, musholla, restoran, dan toko souvenir. Restoran di sini di buka setiap hari, tetapi lebih banyak yang buka saat hari libur atau weekend.

Baca juga : Taman di Aceh

2. Desa Wisata Okura

Desa Wisata Okura

Desa Okura diresmikan menjadi desa wisata di Provinsi Riau tahun 2010. Suku asli Melayu-Riau masih tinggal di rumah-rumah panggung sepanjang Sungai Siak. Uniknya, kamu bisa menuju desa ini melalui jalan darat atau melalui jalur sungai dari Pelabuhan Sungai Duku.

Di sini kamu juga bisa menikmati suasana pedesaan yang asri dan jauh dari keramaian kesibukan Kota Pekanbaru. Selain itu, kamu bisa melakukan aneka aktivitas seperti menyusuri sungai, melihat kehidupan suku asli Desa Okura, bersepeda di antara rimbunan pohon sagu sampai kegiatan berkuda.

Taman yang diprakarsai oleh Pak Muslim serta bantuan dari karang taruna. Dengan modal pribadi, mereka membeli benih bunga dan belajar bercocok tanam secara otodidak melalui internet dan sebagainya.

Baca juga : Wisata di Rengat

3. Istana Siak Sri Indrapura

Istana Siak Sri Indrapura

Pekanbaru menjadi salah satu kota di Indonesia yang banyak memiliki rekam jejak budaya Melayu. Salah satunya dapat kamu lihat di Istana Siak Sri Indrapura. Istana Siak merupakan peninggalan Kesultanan Siak yang merupakan salah satu kesultanan kuat di Semenanjung Malaya.

Bukan hanya gaya arsitekturnya yang indah, namun di bagian dalam kamu bahkan masih bisa mengagumi benda-benda bersejarah peninggalan Kesultanan Siak. Salah satunya yaitu alat musik tradisional bernama komet yang hanya ada dua saja di dunia.

Baca juga : Wisata di Kampar

4. Pantai Cinta, Teluk Jering

Pantai Cinta, Teluk Jering

Teluk Jering merupakan nama sebuah desa di Kabupaten Kampar yang berjarak sejauh 45 menit dari pusat Kota Pekanbaru. Desa yang sangat menarik karena memiliki pasir sungai berwarna putih layaknya pasir di pantai.

Selain itu terdapat pula sebuah hamparan rumput hijau yang menyegarkan. Kamu bisa bersantai sambil bermain pasir di area bantaran sungai atau melakukan aneka aktivitas olahraga air yang tidak kalah serunya seperti banana boat.

Baca juga : Wisata di Pelalawan Riau

5. Taman Hutan Raya

Taman Hutan Raya

Di tengah panasnya udara Kota Pekanbaru terdapat sebuah oase paru-paru kota berupa taman hutan yang sejuk. Lokasi yang berada sekitar 40 menit dari pusat Kota Pekanbaru. Tahura Sultan Syarif Kasim yang juga merupakan tempat pelatihan Gajah Sumatera. Di sini kamu bisa mengelilingi hutan dan melakukan beragam aktivitas seru di dalam hutan, seperti bersepeda sampai motocross.

Baca juga : Wisata di Bengkalis

6. Arboretum Universitas Riau

Arboretum Universitas Riau

Tidak hanya Tahura, Pekanbaru juga punya kawasan taman hutan lain yang berada di Universitas Riau, yaitu Arboretum Universitas Riau. Pada awalnya kawasan hutan yang dikhususkan untuk tujuan penelitian, dan pada akhirnya dikembangkan menjadi tempat bersantai sekaligus edukasi untuk masyarakat sekitar.

7. Danau Wisata Bandar Kayangan Lembah Sari

Danau Wisata Bandar Kayangan Lembah Sari

Di Jalan Pramuka, Rumbai Pesisir, terdapat pintu gerbang berwarna putih bertuliskan Danau Wisata Bandar Kayangan Lembah Sari. Saat masuk melalui gerbang, tidak perlu berkendara jauh, kamu akan sampai di aula outdoor raksasa dengan kursi warna-warni. Di sini pengunjung disajikan keasrian alam dan keindahan danau.

Danau Wisata Bandar Kayangan diresmikan oleh Wali Kota Pekanbaru pada tahun 2011. Jika tertarik, datang jam 9 pagi sampai jam 6 sore. Dan tidak ada pungutan biaya masuk.

8. Taman Budaya

Taman Budaya

Taman Budaya merupakan pusat kesenian Melayu Riau yang berlokasi di Jalan Jenderal Sudirman. Tempat yang dikelola oleh Dinas Kebudayaan dan juga Pariwisata Provinsi Riau. Banyak objek fotografi dari beberapa rumah adat di sini, dan salah satu rumah tersebut berfungsi sebagai tempat latihan menari. Taman yang buka dari jam 8 pagi sampai jam 10 malam, kecuali ada acara khusus. Masuk ke taman tidak dikenakan biaya.

Beberapa fasilitas di Taman Budaya dapat dipergunakan untuk para pelaku seni, seperti Rumah Tari Umar Umayyah, Rumah Rupa Lontiak, dan Rumah Teater Ibrahim Sattah. Setiap rumah memiliki ciri khas masing-masing. Masih ada rumah adat lain dan fungsinya tergantung kebutuhan.

9. Taman Wisata Agro Sei Pinang

Taman Wisata Agro Sei Pinang

Taman Agrowisata memiliki lahan seluas 5 hektar. Berlokasi di Jalan Raya Pekanbaru-Bangkinang tepatnya di Desa Sungai Pinang, Kampar. Dari Pekanbaru, membutuhkan waktu sekitar 30-40 menit untuk tiba ke lokasi.

Hal yang membuat menarik yaitu banyaknya spot foto cantik dan berwarna warni. Ada rumah miring, rumah barbie, rumah terbalik, balon udara, dan lainnya. Sebaiknya datang saat masih ada matahari agar foto yang didapatkan lebih menarik.

Demikianlah contoh dari 9 Objek Wisata Taman di Kota Pekanbaru yang Indah. Semoga menjadi rekomendasi kamu berwisata.

Tags

Novriadi A.S

Hallo, perkenalkan nama saya novriadi antonius dan situs ini merupakn milik saya, Saya juga ingin berbagi pengetahuan kepada teman-teman sekali dengan apa yang saya dapat. Dan semoga teman-teman bisa terbantukan dengan adanya situs saya ini. Terimakasih Selamat Membaca.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close