wisata

√ 10 Hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Travelling

Travelling memang adalah kegiatan yang kerap kali banyak diminati oleh banyak orang. Kegiatan ini selain mampu membahagiakan diri sendiri juga sangat bagus dilakukan untuk menciptakan keharmonisan sesame kelompok. Baik itu keluarga, persahabatan maupun dengan pasangan sendiri agar terjaga keharmonisannya. Namun, tidak jarang pula terdapat keluhan dari para traveller saat tengah berlibur. Oleh karena itu, ada beberapa hal masuk dalam kategori yang paling penting dipersiapkan sebelum pergi travelling atau berlibur. Apa saja? Simak artikel di bawah ini sampai selesai ya.

Cari Informasi

Cari Informasi

Pertama kali yang harus dilakukan adalah mencari informasi mengenai tempat yang akan didatangi atau tempat tujuan berlibur. Mengapa? Ini dilakukan sebagai antisipasi untuk hal-hal berupa barang yang harus dibawa sebelum pergi ke tempat tersebut. Mencari informasi tentu termasuk dalam tahap mempersiapkan ya, jadi jangan remehkan hal ini. Disini juga akan terdeteksi jarak tempuh, waktu tempuh bahkan hingga harga tiket yang ada di tempat wisata tersebut. Selain itu, ada juga beberapa artikel yang menyajikan informasi sampai seluk beluknya pada bagian fasilitas. Jadi untuk porsi barang bawaan yang sekiranya bisa diminimalisir untuk dibawa akan ketahuan saat mencari informasinya.

Baca juga : Wisata di Kota Daeng

Booking Tiket

Booking Tiket

Nah, setelah mengetahui gambaran mengenai tempat wisata yang akan dikunjungi, maka selanjutnya adalah memesan tiket masuk ke tempat wisata tersebut. Saat ini sudah banyak aplikasi yang memudahkan para wisatawan untuk memesan tiket melalui daring, dan cobalah untuk memesan tiket  melalui apilkasi tersebut. Namun, tidak dapat dipungkiri ada pula beberapa tempat wisata yang juga tidak terdeteksi dalam aplikasi, maka yang harus dilakukan adalah cukup menyiapkan saja jumlah nominal yang harus dibayar saat masuk ke tempat wisata tersebut. Nanti pada saat tiba di lokasi, nominal sudah tersedia jadi tidak perlu repot lagi mengurusi soal biaya tiket masuk.

Baca juga : Wisata Alam di Lampung

Siapkan Pakaian

Siapkan Pakaian

Pakaian juga termasuk salah satu yang penting masuk dalam barang bawaan. Membawa barang bawaan seperti pakaian juga harus disesuaikan dengan kebutuhan selama berlibur. Dalam artian tidak membawa semua pakaian seperti akan menginap dalam jangka waktu yang sangat lama. Selain itu, jenis pakaian juga perlu disesuaikan dengan tempat wisata yang akan dikunjungi pula. Tentu berbeda kebutuhan pakaian untuk tempat wisata yang bernuansa alam dan pantai. Perlu juga diatur mengenai jumlah pakaian yang akan dibawa. Sesuaikan saja dengan jangka waktu berlibur di tempat wisata yang akan dikunjungi. Jadi ingat, bawa pakaian yang sesuai jenis dan kebutuhan saja ya.

Baca juga : Wisata Pantai di Kota Bengkulu

Kamera

Kamera

Selanjutnya adalah kamera. Sangat disayangkan bila momen liburan tidak diabadikan dalam bentu potret melalui kamera. Benda ini harus selalu tersedia di dalam tas bawaan agar dalam perjalanan yang sekiranya terdapat momen yang perlu untuk diabadikan maka harus dipotret melalui kamera. Bagi wisatawan yang tidak begitu pandai memotret tentu tidak ingin terlihat ribet, jadi menurutnya sudah cukup bila menggunakan kamera smartphone saja. Padahal, jika dibandingkan dan untuk memperoleh kualita yang lebih baik maka perlu menggunakan kamera. Jika tidak memiliki kamera, tidak perlu dipaksakan. Intinya momen liburan harus terabadikan.

Baca juga : Wisata Alam di Sumatera Selatan

Smartphone Beserta Kelengkapannya

Smartphone Beserta Kelengkapannya

Smartphone beserta kelengkapan ini juga sangat tidak boleh ketinggalan. Sangat penting untuk selalu dibawa. Yang menjadi kebiasaan bagi para kebanyakan orang yaitu membawa ssmartphone tetapi tidak membaca charger. Padahal keduanya tidak dapat terpisahkan, apalagi jika akan berpisah dalam jangka lebih dari satu hari. Maka dari itu, untuk antisipasi tetaplah bawa charger dan tambahannya adalah power bankPower bank juga tak kalah penting ya untuk menghindari hal yang tidak diinginkan saat keadaan tempat tengah jauh dari jangkauan colokan maka power bank akan hadir sebagai penyelamat smartphone.

Baca juga : Wisata Pantai di Sumatera Barat

Sunblock

Sunblock

Benda mungil satu ini kadang khilaf terlupakan. Kalau sudah keluar mau beli diluar pasti tak semudah itu bisa mendapatkannya, karena tidak semua minimarket menjual sunblock. Tidak membawa sunblock juga akan membuat kerepotan bagi diri pribadi, apalagi jika akan mengunjungi tempat wisata pada bagian pantai. Wajah hitam, tentu akan merepotkan untuk mengembalikannya seperti semula. Maka sebelum packing dengan rapi barang bawaan untuk travelling, harus dipastikan bahwa sunblock sudah tersimpan di dalam tas.

Perlengkapan Sanitasi

Perlengkapan Sanitasi

Perlengkapan ini dan kawan-kawannya juga perlu masuk dalam barang bawaan sebelum pergi travelling. Pasalnya, perlengkapan ini sangat sensitif perihal kebersihan diri. Karena ini termasuk dalam perlengkapan yang tak bisa dibagi dengan orang lain. Jika mengandalkan minimarket diluaran, itu tidak dapat menjamin sepenuhnya akan tersedia dengan lengkap sesuai dengan kebutuhan.  Oleh karena itu, siapkan segala yang sifatnya pribadi dan kemungkinan langka berada di bagian minimarket.

Handuk

Handuk

Mengapa handuk masuk dalam barang bawaan yang penting? Meski di penginapan dan hotel telah menyediakan handuk bagi pengunjung, tetapi ada baiknya tetap membawa handuk untuk antisipasi bagi kebutuhan yang mendadak seperti melap keringat atau keadaan lainnya yang mengharuskan untuk menggunakan handuk. Bentuknya bisa yang sedang saja atau handuk yang kecil dan siapkan yang mampu menyerap dengan cepat pula.

Siapkan Sepatu atau Sandal yang Nyaman

Siapkan Sepatu atau Sandal yang Nyaman

Bukan menjadi rahasia umum bahwa sepatu atau sandal yang digunakan dalam perjalanan berbeda dengan yang digunakan saat liburan atau sedang bersantai. Begitu pula saat berlibur, tetap siapkan sandal atau sepatu yang menurutmu nyaman untuk digunakan saat pergi ke tempat yang ingin dikunjungi. Jika tidak, maka akan kerepotan di tempat saat tidak membawa sandal atau sepatu yang memang cocok untuk digunakan saat pergi berlibur.

Obat

Obat

Obat juga tak boleh terlupakan saat pergi berlibur. Sebenarnya kemanapun tetap harus membawa obat. Membawa obat ini diperuntukkan bagi wisatawan yang memiliki riwayat penyakit dan tengah mengonsumsi obat setiap harinya. Ada juga sebagian penyakit yang obatnya perlu diminum jika gejala sudah mulai muncul. Maka dari itu, keberadaan obat ini tak boleh diremehkan sama sekali. Bagi yang tidak memiliki riwayat penyakit, bisa menyediakan obat maag atau sakit kepada sebagai antisipasi dalam perjalanan. Tak lupa pula, minyak kayu putih atau fresh care dan sejenisnya untuk tetap membuat diri fresh saat diperjalanan dan tiba di tempat wisata yang ingi dikunjungi.

Itulah 10 hal yang perlu untuk dilakukan atau dipersiapkan sebelum pergi berlibur ke tempat wisata yang ingin dikunjungi. Pastikan semuanya sudah dilakukan dan disiapkan untuk kemudian dibawa pada saat berangkat ya. Jangan lupa untuk mengecek kembali barang bawaan sebelum pergi. Ingat! Bawa perlengkapan yang dibutuhkan, jika tidak terlalu penting tak perlu repot-repot dibawa hanya untuk memenuhi tas travelling yang dibawa. Dan satu lagi, bawalah perlengkapan menyesuaikan dengan jenis tempat wisata yang akan dikunjungi. Selamat mempersiapkan segala kebutuhan dan selamat menikmati liburan.

Tags

Novriadi

Novriadi.com situs personal yang memberikan informasi baru yang bisa anda ketahui dan anda bisa langsung melihat, membaca dan memahami isi dari artikel. Dan semoga bermanfaat dan memberikan hasil informasi yang baru.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close