wisata

√ 5 Destinasi Wisata Air Terjun di Jambi yang Sedang Hits

Jambi adalah sebuah provinsi yang berada di Pulau Sumatera Indonesia, ternyata memiliki objek wisata alam yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya yaitu wisata alamnya. Banyak destinasi menarik yang patut untuk dijelajahi di saat musim liburan panjang. Contoh berikut ini 5 Destinasi Wisata Air Terjun di Jambi yang Sedang Hits yang bisa dikunjungi.

1. Air Terjun Pendung Semurup

Air Terjun Pendung Semurup

Berada di Desa Pendung Mudik, Kecamatan Air Hangat, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi. Wisata air terjun Pendung Semurup memiliki keindahan panorama yang menarik. Diapit dengan dua dinding batu besar yang menjulang tinggi di sekitarnya, ditambah dengan kesan eksotisme air terjun. Air Terjun Pendung Semurup yang memiliki ketinggian sekitar 16m.

Meski letaknya yang tersembunyi dan terpencil, tidak dapat menyurutkan niat pengunjung untuk berkunjung. Suasana alami dan lestari menjadi magnet yang membuat wisatawan betah berlama-lama menikmati panorama air terjun ini. Disini pengunjung dapat merasakan sensasi seperti air terjun pribadi, pengunjung bisa mandi dan menikmati segarnya air dengan bebas tepat di bawah air terjun.

Baca juga : Wisata Danau di Jambi

2. Air Terjun Talang Temulung

Air Terjun Talang Temulung

Air terjun talang kemulung yaitu air terjun berundak 12 yang memiliki pesona yang unik dan indah. Kealamian air terjun talang kemulung masih terjaga karena keberadaannya tersembunyi sehingga tidak banyak orang yang mengetahui. Keunikan air terjun ini terdapat di sekitar aliran sungai Talang Kemulun, pengunjung bisa menemukan banyak jenis batu akik. Para pecinta batu akik bisa berkunjung ke air terjun ini dan melihat-lihat bebatuan yang ada di sana.

Air terjun Talang Temulung berada di desa Talang Kemulun, Kecamatan Danau Kerinci. Sebelum tiba di lokasi pengunjung harus melakukan perjalanan menembus hutan dan perkebunan rimbun dengan berjalan kaki. Selama perjalanan, pengunjung akan disuguhkan suasana yang sejuk, tenang, dan hawa yang sejuk, membuat perjalanan terasa sangat menyenangkan.

Setibanya di lokasi pengunjung akan disuguhkan dengan mahakarya sang pencipta yang sangat indah dan membuat siapa pun yang berkunjung akan terbuai dengan keindahannya. Air terjun yang berundak 12, dengan airnya yang bening dan dingin menyejukkan hati, suasana alam yang asri, sangat tenang dan menghilangkan rasa penat juga lelah.

Baca juga : Wisata Puncak di Sumatera Barat

3. Air Terjun Renah Sungai Besar

Air Terjun Renah Sungai Besar

Berlokasi di Kabupaten Bungo, Air Terjun Renah Sungai Besar merupakan wisata alam favorit masyarakat sekitar dan luar daerah. Pesona keindahan Air Terjun Renah memang tidak diragukan lagi. Selama perjalanan menuju air terjun, pengunjung akan disuguhkan pemandangan yang masih asri dengan pepohonan hijau di kanan dan kiri jalan, sehingga pengunjung tidak akan merasa jenuh dan bosan.

Selain disuguhkan pemandangan alam yang hijau, pengunjung juga akan menjumpai 7 jembatan yang harus diseberangi. Udara alam yang sejuk dan segar menemani langkah pengunjung menuju lokasi air terjun Renah Sungai Besar. Sesampainya di lokasi, pengunjung akan dibuat takjub dengan pesona keindahan air terjun ini.

Air terjun Renah Sungai Besar memiliki ketinggian mencapai sekitar 30 meter, dengan debit air yang cukup deras. Deburan air yang jatuh mengenai bebatuan, sangat menenangkan jiwa bagi siapa saja yang berkunjung. Udaranya segar yang bebas dari polusi, dihiasi kicauan burung liar menambah sempurna tempat wisata ini.

Baca juga : Wisata Danau di Sumatera Barat

4. Air Terjun Segerincing

Air Terjun Segerincing

Air Terjun Segerincing berada pada Desa Tuo, Kecamatan Lembah Masurai, Kabupaten Merangin, Jambi. Pesonanya yang memukau menjadikan Air Terjun Segerincing menjadi wisata favorit di Merangin. Lokasi air terjun Sigerincing tidak pernah sepi pengunjung.

Saat tiba di air terjun, seluruh rasa penat dan lelah akan hilang berganti dengan keceriaan. Pengunjung akan dimanjakan dengan panorama yang ditawarkan. Alamnya yang asri dan tenang, karena ada deretan rerimbunan pohon yang hijau, suara gemuruh air yang jatuh, serta tebing tinggi yang menjulang, mampu membuat pengunjung betah berlama-lama bermain di tempat ini.

Bebatuan sungai dengan berbagai macam ukuran menjadi penghias keindahan air terjun Segerincing. Di bebatuan ini pengunjung dapat melepas penat, serta menikmati indahnya alam. Bersantai sejenak dan melupakan aktivitas yang padat sambil menghirup udara yang segar.

Bersumber dari Sungai Siau yang berhulu di Gunung Masurai, membuat air terjun ini memiliki air yang begitu jernih. Karena jernihnya, pengunjung bisa langsung meminumnya, tanpa harus dimasak terlebih dahulu. Di sini wisatawan juga akan menemukan berbagai ikan yang muncul dan terlihat dengan jelas dari permukaan.

Baca juga : Wisata Pulau di Sumatera Barat

5. Air Terjun Pancaro Rayo

Air Terjun Pancaro Rayo

Berlokadi tidak jauh dari Gunung Kerinci, terdapat objek wisata alam yang memukau dan masih jarang diketahui karena letaknya yang tersembunyi, yaitu Air Terjun Pancaro Rayo. Air terjun Panca Rayo yang terletak di Desa Koto Tuo, Kecamatan Keliling Danau. Belum ada petunjuk untuk menuju lokasi air terjun. Sehingga, jika pengunjung ingin mengunjungi air terjun Pancaro Rayo disarankan untuk bertanya pada warga sekitar.

Butuh tenaga lebih untuk mencapai lokasi air terjun, karena pengunjung harus mendaki terlebih dahulu selama 1 jam dan melewati beberapa sungai yang tidak terlalu lebar. Selama pendakian, pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan hutan yang sangat asri dan memukau mata.

Setibanya pengunjung di lokasi, pengunjung akan terpana melihat pemandangan dari air terjun yang indah. Air yang jatuh mengalir dari celah kedua tebing setinggi 150 meter, dikelilingi hutan yang rimbun, udara yang sejuk. Serta terdapatnya kolam pemandian alam yang unik dan menarik, dan menjadikan objek wisata air terjun Pancaro Rayo patut diakui keindahan alamnya yang luar biasa.

Baca juga : Wisata Pantai di Sumatera Barat

Sekian daftar 5 Destinasi Wisata Air Terjun di Jambi yang Sedang Hits. Semoga bisa dijadikan rekomendasi tempat liburan menyenangkan.

Tags

Novriadi A.S

Hallo, perkenalkan nama saya novriadi antonius dan situs ini merupakn milik saya, Saya juga ingin berbagi pengetahuan kepada teman-teman sekali dengan apa yang saya dapat. Dan semoga teman-teman bisa terbantukan dengan adanya situs saya ini. Terimakasih Selamat Membaca.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close