wisata

√ 12 Destinasi Wisata di Kota Padang Sidempuan yang Menarik

Banyak di luar Sumatera orang tidak tahu dimana itu Kota Padang sidimpuan, saking tidak tahunya banyak orang yang jika ditanya berkata tidak tahu. Silahkan membuka peta atau tanya kepada orang yang lebih tahu.

Padang sidimpuan sendiri berlokasi di Sumatera Utara yang merupakan Kota Madya. Asal Kata Padangsidimpuan berasal dari kata  “Padang na dimpu” (padang=hamparan luas, na=yang, dan dimpu=tinggi). Mayoritas penduduk Padangsidimpuan adalah Muslim, dan terkenal dengan Kota Salak, karena banyak pohon salak.

Padang sidimpuan juga memiliki tempat wisata menarik yang patut untuk dikunjungi. Wisata Padangsidimpuan mulai dari Candi, Danau, Air Terjun dan masih banyak lagi. Khusus di Kota Padangsidimpuannya memang wisatanya tidak terlalu banyak namun ada beberapa yang bisa kamu ketahui. Berikut ini contoh Destinasi Wisata Kota Padang Sidempuan Yang Menarik yang patut kamu tahu.

1. Rumah Kaca Panyabungan

√ 12 Destinasi Wisata di Kota Padang Sidempuan yang Menarik
Rumah Kaca Panyabungan

Rumah Kaca Panyabungan berupa teras dengan lantai kaca dengan pemandangan yang cantik. Rumah Kaca saat matahari tenggelam akan terlihat indah. Saat kamu berkunjung ke tempat ini jika tidak berani untuk mencobanya sebaiknya kamu cukup menikmati pemandangan sekitarnya yang juga tidak kalah indah.

Baca juga : Wisata di Kota Sibolga

2. Sibio-bio

Sibio-bio
Sibio-bio

Sibio-bio merupakan wisata yang hits di Padangsidimpuan. Karena banyak spot foto yang menarik dan indah. Yang terkenal adalah bangunanya dengan kolam, mirip seperti di Dusun Bambu, Lembang Bandung. Untuk masuk ke Sibio-bio harus membayar tiket sebesar Ro15.0000. Kebanyakan orang yang datang kesini untuk berphoto dan juga bersantai.

Baca juga : Wisata di Kota Sigli

3. Jalan Baru Padangsidimpuan

Jalan Baru Padangsidimpuan

Di jalan baru Padangsidimpuan banyak tempat indah berupa persawahan yang keren. Kebanyakan warga lokal datang untuk mencoba kuliner dengan pemandangan sawahnya. Salah satu tempat makan yang ada di Jalan Baru Padangsidimpuan berada di depan Karaoke Trend, dekat Gudang Hendra. Tempatnya berupa warung yang menjual pecal, terus bersantai di pondokan yang ada. Dengan pemandangan persawahan, membuat tenang dan nyaman.

Baca juga : Wisata di Pulau Nias

4. Sampuraga

Sampuraga

Sampuraga yang berada di Jalan Aek Godang No.16, Saba Jior, Panyabungan Barat, Sirambas, Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara. Sekitar 2 jam dari Padangsidimpuan menempuh perjalanan. Hal menarik dari Sampuraga justru dari legenda dibalik tempat wisata tersebut. Legendanya yaitu kisah anak yang malu mengakui ibunya karena dia sukses, sedangkan ibunya miskin sehingga terjadilah mata air panas bernama Sampuraga. Air panas berbentuk kolam seadanya sehingga sekarang keberadaannya masih ada. Namun karena masih milik perorangan, tempatnya tidak cukup terurus.

Baca juga : Wisata di Bireuen Aceh

5. Kebun Batang Bahal

Kebun Batang Bahal

Kebun Batang Bahal yang merupakan tempat menarik baru di Padangsidimpuan. Kebun Batang Bahal untuk pecinta photo karena bunga matahari di kebun ini sangat Instagramble. Terdapat banyak tanaman matahari dan menjadi suasana kebun yang romantis.Di Kebun Batang Bahal juga terdapat rumah hobit serta perahu untuk mengitari kolam yang ada di Batang Bahal.

Baca juga : Wisata di Kota Lhokseumawe

6. Barumun Nagari Wild Sanctuary

Barumun Nagari Wild Sanctuary

Hewan Gajah dan Harimau di Barumun, Aek Godang yaitu Barumun Nagari Wild Sanctuary merupakan tempat bagi hewan langka Sumatera dengan berbagai wisata seperti pegunungan, air terjun, sungai dan perkebunan. Di Barumun Nagari Wild Sanctuary kamu bisa melihat hewan dilindungi seperti gajah, si amang dan harimau di alamnya. Kamu bisa berkeliling dengan jeap seperti tour Safari. Sungguh pengalaman yang menyenangkan dan membuat pengunjung merasa bahagia.

7. Danau Tao

Danau Tao

Danau Tao yang berada di Aek Godang, Padang Lawas Utara, Sumatera Utara. Tempat yang indah dan juga menarik untuk dikunjungi, karena kamu bisa berfoto di tempat ini.

Dengan pemandangan alamnya dan juga hewan seperti kambing dan biri-biri yang bisa kamu jumpai. Untuk menghilangkan kepenatan kamu bisa menjadikan tempat ini sebagai tujuan wisata berikutnya.

8. Aek Sijornih

Aek Sijornih

Aek Sijornih artinya air yang jernih, merupakan air terjun bertingkat yang indah. Aek Sijornih berada di Kelurahan Sayur Matinggi, Tapanuli Selatan Sumatera Utara, lebih kurang 30 km dari kota Padangsidimpuan ke arah Mandailing Natal. Aek Sijornih sangat populer dikalangan masyarakat Padangsidimpuan.

Namun airnya yang ada benar – benar bening dan dingin. Air yang bisa dibuat untuk mandi.

9. Danau Siais

Danau Siais

Danau Siais yang berada di Rianiate, Angkola, Tapanuli Selatan, Sumatera Utara. Danau Siais sekitar 2 jam dari Kota Padangsidimpuan, ke arah Sibolga. Danau Siais merupakan Danau yang indah, menuju ke Danau Siais cukup mudah walau beberapa jalannya masih kurang baik. Pemandangannya yang tidak terlupakan sangat indah seperti berada di luar negeri.

Tidak hanya Danau, tidak jauh dari Siais ada ikan keramat yang katanya kalau ikan dimakan akan terkena musibah. Selain Danau Siais, di sekitarnya juga ada air terjun. Dan membutuhkan seharian untuk menuju ke Danau Siais.

10. Air Terjun Napa

Air Terjun Napa

Sama seperti namanya, Air Terjun Napa yang berada di Napa, Padangsidimpuan. Air Terjun Napa memiliki air terjun yang mudah untuk diakses. Walau air terjunnya kecil namun Air Terjun ini memiliki pemandangan cantik dan seru jika menghabiskan waktu di sekitar air terjun. Kamu bisa mandi dan juga berfoto menikmati keindahan spot yang ada di sekitarnya.

11. Air Terjun Silima-lima

Air Terjun Silima-lima

Air Terjun Silima-lima yang berada di Padangsidimpuan berlokasi di  Maju Mambe, Kecamatan Marancar. Menariknya Air Terjun Silima-lima memiliki fasilitas yang memadai, jalanan ke arah air terjun sudah dalam kondisi baik Untuk menuju ke air terjun memang membutuhkan tenaga ekstra, waktu trekking sekitar 45 menit melewati anak tangga sekitar 1000 dengan rute berkelok. Namun semua itu akan terbayar setelah kamu tiba di air terjun etrsebut. Karena menakjubkan dan indah.

12. Candi Bahal

Candi Bahal

Candi Bahal yang berasal dari Kerajaan Pannai sekitar bada ke-11 memiliki warna Candi merah bata. Lokasi Candi Bahal di Desa Bahal, Kecamatan Padang Bolak, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara. Candi Bahal disebut juga dengan nama Candi Portibi karena melewati Simpang Portibi, Gunung Tua, Tapanuli Selatan. Candi Bahal atau Portibi terdiri dari 3 Candi yaitu Candi Bahal I, Bahal II dan Bahal III serta Candi Pulo yang tinggal puingnya. Tempat bersejarah ini memang patut untuk dikunjungi, selain bernilai sejarah juga menjadi tempat menarik.

Sekian dahulu artikel berikut ini mengenai 12 Destinasi Wisata Kota Padang Sidempuan Yang Menarik. Semoga menjadi manfaat.

Tags

Novriadi A.S

Hallo, perkenalkan nama saya novriadi antonius dan situs ini merupakn milik saya, Saya juga ingin berbagi pengetahuan kepada teman-teman sekali dengan apa yang saya dapat. Dan semoga teman-teman bisa terbantukan dengan adanya situs saya ini. Terimakasih Selamat Membaca.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close