wisata

√ 10 Destinasi Wisata di Muara Dua yang Harus Dikunjungi

Kabupaten yang terbentuk dari hasil pemekaran Ogan Komering Ulu resmi berdiri tanggal 18 Desember 2013 lalu. Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan OKU Selatan cukup memiliki potensi wisata yang tidak kalah cantik dibanding dengan daerah lainnya.

Hal tersebut dikarenakan wilayahnya sebagian besar berupa dataran tinggi yang membentuk gunung-gunung dan perbukitan yang dialiri sungai. Diantaranya merupakan sungai terbesar, yaitu Sungai Saka dan Sungai Selabung yang bermuara di Sungai Komering.

Letak wilayah itulah yang menjadikan kabupaten di Muara Dua memiliki panorama alam yang indah dan menarik untuk dikunjungi sebagai objek wisata. Diantara sekian banyak objek wisata yang ada, berikut 10 Destinasi Wisata di Muaradua Yang Harus Dikunjungi.

1. Candi Batu Kebayan dan Candi Jepara

Candi Batu Kebayan dan Candi Jepara

Selain memiliki beberapa wisata alam yang menarik, OKU Selatan juga juga memiliki 2 objek wisata sejarah yang ada di desa yang sama, yaitu Desa Jepara Kecamatan Buay Pematang Ribu Ranau Tengah.

Kedua candi diperkirakan dibangun pada abad 9 – 10 Masehi, dari informasi tentang kedua candi kini masih belum begitu lengkap. Justru yang lebih dikenal tentang kedua candi ini yaitu cerita rakyat yang berhubungan dengan keberadaan candi ini.

Baca juga : Wisata di Banyuasin

2. Batu Sengang Boulevard

Batu Sengang Boulevard

Menjelajah aliran Sungai Selabung yang mengalir dari Bandingagung ke kecamatan Mekakau berbeda dengan menyusuri Batu Sengang Boulevard, walau kedua lokasi tersebut sama-sama bagian dari aliran Sungai Selabung.

Di tempat ini pengunjung tidak diajak untuk memacu adrenalin, melainkan menikmati indahnya sungai yang diapit oleh tebing-tebing tinggi di sisiinya. Tebing-tebing tersebut tersusun dari bebatuan dengan ragam bentuk yang unik, sehingga tempat ini sering dijuluki Green Canyonnya OKU Selatan.

Hasilnya, saat menyusuri aliran Batu Sengang Boulevard, para wisatawan cenderung tidak ingin sampai ke titik pemberhentian, karena perlu menghentikan perahu untuk bisa berfoto.

Baca juga : Wisata di Kota Bengkulu

3. Arung Jeram di Sungai Selabung

Arung Jeram di Sungai Selabung

Untuk pecinta rafting, kegiatan arung jeram di Sungai Selabung tidak akan dilewatkan saat berkunjung ke OKU Selatan, karena arus di sungai ini cukup deras dengan rintangan bebatuan besar yang sangat memacu adrenalin pengunjung.

Selain memacu adrenalin, juga ber-arung jeram di Sungai Selabung juga akan disuguhi oleh pemandangan yang indah di sepanjang aliran sungai yang dilalui, mulai dari pepohonan hijau yang tumbuh di pinggir sungai, bebukitan, area persawahan sampai adanya view Gunung Seminung. Aliran sungai yang menjadi rute dari arung jeram melintasi Kecamatan Bandingagung sampai ke kecamatan Mekakau.

Baca juga : Wisata di Sumatera Selatan

4. Gunung Seminung

Gunung Seminung

Memiliki ketinggian 1881 meter dengan tingkat kemiringan tebing 90 derajat,  Gunung Seminung bisa menggoda untuk didaki. Tidak mudah memang untuk mencapai puncak, karena harus melewati tebing yang terjal dan juga meneroboshutan  yang lebat.

Namun setelah sampai puncaknya, kamu akan terhipnotis oleh keindahan alam sekitar yang luar biasa dengan Danau Ranau sebagai primadonanya. Keindahan sunrise yang dinikmati dari puncak Gunung Seminung juga menjadi momen yang selalu ditunggu oleh para pendaki. Tidak heran jika banyak pendaki yang menghabiskan bermalam di puncak Seminung ini.

Baca juga : Wisata di Painan

5. Air Terjun Manduriang

Air Terjun Manduriang

Dengan ketinggian 25 meter lebih dengan tebing membentuk kerucut, membuat Air Terjun Manduriang terlihat begitu mempesona. Menariknya, di bagian bawah  di belakang jatuhnya air terdapat sebuah gua yang konon merupakan tempat pertapaan.

Lokasi Air Terjun Manduriang cukup mudah dijangkau, karena hanya butuh waktu 20 menit berjalan kaki dari tempat parkir kendaraan menuju ke lokasi air terjun dengan melewati tebing yang terjal di Desa Manduriang Kecamatan Ranau Tengah.

Baca juga : Wisata di Kota Solok

6. Air Terjun Desa Galang Tinggi

Air Terjun Desa Galang Tinggi

Air terjun satu ini belum terlalu dikenal dikalangan wisatawan padahal, keindahannya tidak kalah dan melebihi air terjun yang ada di Oku Selatan. Keindahan tercipta dari tebingnya yang unik yang sebagian menjorok ke depan serta aliran airnya yang sangat deras.

Keindahan dan derasnya aliran air terjun akan membuat pengunjung untuk segera mandi dan berenang di kolam ini. Objek wisata yang ada di Desa Galang Indah, Kecamatan Makakau ilir ini, membuat tempat ini menjadi menarik.

7. Air Terjun Curup Datar

Air Terjun Curup Datar

Pemandangan indah yang disuguhkan oleh Air Terjun Curup Datar lewat bentuknya yang unik dan menarik. Curup Datar memiliki air terjun utama dengan ketinggian 20 meter dan air terjun kecil yang mengalirkan air di sela bebatuan menuju ke kolam alamnya sangat luas.

Tebing dari air terjun yang ada di Desa Mehanggin, Kecamatan Muara Dua bentuknya menyerupai tangga namun sedikit lebih terjal. Sehingga pengunjung dapat memanjat sampai ketinggian tertentu. Sedang kolam alaminya yang luas serasa mengundang pengunjung yang ada di sekitar air terjun untuk mandi dan berenang. Namun harus tetap berhati – hati saat memanjat di lokasi ini.

8. Danau Rakihan

Danau Rakihan

Berlokasi di Desa Muara Sindang, Kecamatan Sindang Danau, butuh waktu sekitar 2 jam perjalanan dengan jarak sekitar 80 km jika ditempuh dari kota Muaradua. Danau yang sangat luas ini memiliki keindahan danau yang indah karena lokasi danau berada di daerah dataran tinggi.

Selain indah, Danau Rakihan juga terbilang unik karena airnya sering berubah warna disebabkan karena bagian dasar danau yang menyimpan belerang. Setiap setahun sekali terjadi luapan belerang yang membuat banyak ikan mati dan mengambang di permukaan air danau.

9. Danau Kasmaran

Danau Kasmaran

Dinamakan Danau Kasmaran karena ada sebuah mitos yang muncul di masyarakat jika sepasang kekasih yang berkunjung ke danau ini kelak akan berlanjut ke jenjang pernikahan.

Danau yang berlokasi di Desa Gemiung, Kecamatan Buana Pemaca tidak hanya dijadikan sebagai objek wisata, namun juga dimanfaatkan oleh penduduk setempat untuk budidaya ikan air tawar.

Karena itu di tengah danau banyak dijumpai adanya keramba-keramba milik warga dan menjadi salah satu kegiatan menarik yang dilakukan para wisatawan yang berkunjung ke sini untuk menikmati kuliner ikan bakar selain beraktifitas lain seperti berperahu menyusuri kawasan danau dan memancing.

10. Danau Ranau

Danau Ranau

Sebagai danau terbesar kedua di Sumatera setelah Danau Toba, Danau Ranau menarik banyak wisatawan, termasuk wisatawan mancanegara. Danau yang juga memiliki pulau ditengahnya yang bernama Pulau Marisa.

Sama seperti dengan Danau Toba, keindahan Danau Ranu tidak perlu diragukan lagi. Di area sekitar danau, wisatawan tidak hanya dapat melihat hamparan air, namun juga hijaunya persawahan, area perkebunan kopi dan menjulangnya Gunung Seminung di kejauhan.

Kamu yang ingin menikmati keindahan air danau, maka bisa menuju ke Pantai Pelangi yang ada di kawasan danau. Pantai buatan yang berhias hamparan pasir layaknya pantai yang sesungguhnya, dan bisa untuk dipakai mandi juga berenang.

Demikianlah beberapa ulasan mengenai 10 Destinasi Wisata di Muaradua Yang Harus Dikunjungi, selamat berlibur.

Tags

Novriadi A.S

Hallo, perkenalkan nama saya novriadi antonius dan situs ini merupakn milik saya, Saya juga ingin berbagi pengetahuan kepada teman-teman sekali dengan apa yang saya dapat. Dan semoga teman-teman bisa terbantukan dengan adanya situs saya ini. Terimakasih Selamat Membaca.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close