wisata

√ 10 Destinasi Wisata Taman di Jambi yang Harus Dikunjungi

Jambi menjadi destinasi wisata yang menarik untuk dijelajahi. Kota yang terletak di Pesisir Timur Pulau Sumatera ini banyak menawarkan perpaduan panorama alam dan kebudayaan yang indah.

Dengan semboyannya yaitu “Sepucuk Jambi Sembilan Lurah”, Jambi sangat kental dengan keberadaan Gunung Kerinci dan pemandangan alamnya. Banyak dari para pecinta alam mengakui tidak afdol jika belum bisa menaklukkan Gunung satu ini.

Tidak hanya gunungnya saja yang menarik, ada beberapa objek wisata lain seperti taman yang bisa dijadikan sebagai pilihan liburan kamu. Nah, berikut ini contoh 10 Objek Wisata Taman di Jambi Yang Harus Dikunjungi.

1. Taman dan Museum Tugu Juang

Taman dan Museum Tugu Juang

Tugu Juang yaitu monumen untuk memperingati perjuangan rakyat Jambi pada masa agresi militer tersebut. Pada bagian atas monumen tempat wisata di Jambi yang terdapat patung laki-laki menodongkan bambu runcing yang menggambarkan perjuangan rakyat kala itu.

Kamu bisa melihat relief kisah perjuangan rakyat Jambi melawan Belanda saat agresi militer di masa lampau. Objek wisata Jambi cocok dijadikan untuk tempat berfoto sekaligus mempelajari sejarah Rakyat Jambi.

Lokasi berada di Jalan HOS. Cokroaminoto, Selamat, Telanaipura, Kota Jambi, Jambi.

Baca juga : Taman di Aceh

2. Taman dan Tugu Pers

Taman dan Tugu Pers

Pers merupakan bagian penting dalam bernegara. Tanpa kebebasan pers, negara akan cenderung otoriter dan sewenang-wenang dalam mengelolanya.

Selain itu, pers yang bebas dan bertanggung jawab juga membantu mencerdaskan rakyat akan isu-isu terkini serta hal penting yang luput dari perhatian.

Karena dari itu untuk memperingati kebebasan pers di Kota Jambi, dibangunlah Tugu Pers yang terkenal pada Februari 2012 silam. Kamu dapat berfoto dengan latar belakang destinasi wisata sejarah ini.

Di sekitar kawasan tempat wisata Tugu Pers banyak pedagang kuliner sedap yang dapat kamu coba sembari melihat-lihat pemandangan kota.

Lokasi yang berada di Jl. Sultan Agung, Lb. Bandung, Ps. Jambi, Kota Jambi, Jambi.

Baca juga : Wisata Taman di Kota Pekanbaru

3. Jambi Paradise

Jambi Paradise

Jambi Paradise menjadi salah satu objek wisata berupa taman air yang dapat kamu kunjungi di Kota Jambi. Tidak hanya menyediakan tempat bermain air, kamu juga dapat berjalan santai dengan pemandangan yang indah.

Jika kamu memilih bersantai dengan keluarga, Jambi Paradise bisa menjadi salah satu opsi objek wisata terkenal dan terfavorit. Berlokasi di Desa Talang Belido Kebon IX, Simpang Acai, Sungai Gelam, Mekar Jaya, Sungai Gelam, Kota Jambi, Jambi

Jam Operasional mulai dari 10.00 – 18.00

Baca juga : Wisata Taman di Sumatera Barat

4. Taman Gunung Kerinci

Taman Gunung Kerinci

Gunung Kerinci yaitu gunung berapi terkenal dengan puncak tertinggi di Indonesia. Gunung yang sekaligus menjadi gunung tertinggi kedua di Indonesia setelah Jaya Wijaya di Papua.

Objek wisata di Jambi yang menawarkan suasana sejuk dan pemandangan pagi hari yang menakjubkan.

Pastikan kamu tidak lupa untuk melakukan kegiatan hiking. Karena pemandangan matahari terbit di Puncak Kerinci akan menjadi momen tidak terlupakan. Berada di perbatasan Provinsi Jambi dengan Sumatera Barat.

Baca juga : Wisata Danau di Jambi

5. Taman Telago Biru

Taman Telago Biru

Wisata dengan pemandangan indah yang akan disuguhkan oleh tempat wisata alam Jambi satu ini.

Telago biru yaitu danau kecil yang berada di Kabupaten Merangin. Pemandangannya terlihat indah dan menyenangkan cocok menjadi daftar objek wisata Jambi yang terkenal dan terfavorit. Lokasinya berada di Tanjung Alam, Sungai Tenang, Kabupaten Merangin, Jambi.

Baca juga : Wisata Air Terjun di Jambi

6. Taman Telun Berasap

Taman Telun Berasap

Taman yang berada di wilayah Taman Nasional Kerinci. Artinya, Taman ini berada di sekitaran Gunung Kerinci. Objek wisata favorit ini amat populer dengan air terjunnya yang memiliki ketinggian mencapai 50 meter, ditambah percikan air yang jatuh ke permukaan air membuat efek asap muncul disekitaran tempat wisata air terjun ini.

Lokasi berada di Desa Telun Berasap, Kecamatan Kayu Aro, Kabupaten Kerinci, Jambi.

Harga Tiket: Dewasa Rp 10.000.

7. Hesti’s Garden

Hesti’s Garden

Hesti’s Garden merupakan salah satu tempat wisata berfoto yang hits populer di Kabupaten Merangin. Taman yang terkenal indah ini sangat cocok menjadi latar belakang berfoto ria.

Banyak wisatawan yang berkunjung ke tempat wisata di Jambi ini untuk hunting foto.

Sebuah taman yang menawarkan banyak titik berfoto yang bisa kamu pilih. Adanya lorong yang semakin membuat wisatawan makin penasaran untuk memotret.

Lokasinya berada di Muara Manderas, Jangkat, Kabupaten Merangin, Jambi.

8. Taman Candi Muaro Jambi

Taman Candi Muaro Jambi

Satu lagi destinasi menarik dengan nilai historis yang tidak boleh terlewat, yaitu Candi Muaro Jambi. Luas area kompleks candi kurang lebih sekitar 3.981 hektar yang membuatnya menjadi salah satu kompleks candi Hindu – Budha yang terluas di Asia Tenggara.

Berjarak sekitar 26 km dari pusat kota Jambi, destinasi ini bisa ditempuh dengan waktu tidak kurang dari 45 menit dengan perjalanan melalui darat. Akses jalan yang cukup memadai membuat tempat wisata di Jambi ini mudah dijangkau. Tidak heran jika banyak pengunjung saat libur atau akhir pekan tempat ini selalu ramai. Alamatnya berada di Desa muara jambi, Maro Sebo, Muaro Jambi, Maro Sebo, Kabupaten Muaro Jambi, Jambi

9. Taman Tanggo Rajo

Taman Tanggo Rajo

Tanggo rajo ini tidak berbeda jauh dengan Taman Alun-alun Kapuas atau Pantai Losari yang menawarkan wisata kuliner di tepi perairan. Tempat wisata di Jambi yang banyak dikunjungi di sore dan malam hari ini menjadi tempat yang tepat untuk menikmati pemandangan Sungai Batanghari yang merupakan sungai terpanjang di Sumatera.

Selain pemandangan Sungai Batanghari dan matahari terbenam, kamu juga bisa menikmati kuliner yang banyak dijual di warung tenda sekitar tempat wisata. Sambil menunggu saat matahari terbenam sambil menikmati jagung bakar bersama orang terkasih disini tentu akan menyenangkan. Di akhir pekan, tempat wisata di Jambi ini akan banyak didatangi pemancing.

Selain digunakan sebagai tempat rekreasi, Tanggo Rajo juga seringkali dijadikan sebagai lokasi peringatan HUT Jambi dan berbagai acara besar lainnya. Tempat wisata ini berada di Jalan Sultan Thaha, Pasar Jambi.

10. Taman Mini dan Taman Rimba Jambi

Taman Mini dan Taman Rimba Jambi

Kompleks yang merupakan tempat wisata terpadu yang menawarkan sarana olahraga, taman rekreasi dan juga wisata budaya. Umumnya, kompleks ini dibagi menjadi dua bagian, Taman Mini dan Taman Rimba.

Taman Mini ini merupakan tempat wisata di Jambi yang menghadirkan miniatur budaya yang ada di provinsi Jambi. Konsepnya sama dengan Taman Mini yang ada di Jakarta, yaitu menampilkan replika bangunan khas daerah. Bedanya, jika di Jakarta yang ditampilkan yaitu budaya seluruh daerah di Indonesia, sedangkan disini yang ditampilkan hanya budaya dari kabupaten di Jambi.

Tempat wisata lainnya yaitu Taman Rimba yang merupakan kebun binatang kebanggaan warga Jambi. Seperti kebun binatang di tempat lain, di sini kamu bisa melihat beragam spesies binatang. Yang menarik yaitu adanya sangkar burung berbentuk setengah lingkaran kaca raksasa yang berisi beraneka jenis burung mulai dari burung bangau sampai burung kasuari.

Selain Taman Mini dan Taman Rimba, di kompleks seluas 18 hektar ini juga terdiri dari stadion olahraga yang selalu ramai digunakan saat akhir pekan.

Tempat wisata di Jambi yang banyak dikunjungi ini berada di Jalan Sunaryo atau hanya sekitar 500 meter dari Bandara Sultan Thaha Syaifuddin dengan jalan kaki atau menggunakan kendaraan.

Demikianlah contoh 10 Objek Wisata Taman di Jambi Yang Harus Dikunjungi. Semoga menjadi manfaat.

Tags

Novriadi A.S

Hallo, perkenalkan nama saya novriadi antonius dan situs ini merupakn milik saya, Saya juga ingin berbagi pengetahuan kepada teman-teman sekali dengan apa yang saya dapat. Dan semoga teman-teman bisa terbantukan dengan adanya situs saya ini. Terimakasih Selamat Membaca.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close