Teknologi

Aplikasi Edit Foto Terbaik Dan Wajib Dicoba

Teknologi yang semakin canggih dan juga modern melahirkan berbagai inovasi dan juga terobosan baru. Dulu fungsi PC hanya sebatas hanya untuk mengetik, edit, gambar dan sebagainya. Namun, setelah berkembang ada banyak fungsi dari PC yang bisa dinikmati dengan berbagai pilihan aplikasi.

Salah satunya adalah aplikasi edit foto melalui PC dan Laptop. Kamera modern saat ini membuat fotografi digital menjadi lebih mudah, bahkan untuk hasil foto objek paling dasar sekalipun, dengan menghasilkan foto yang jelas dan jernih. Namun bukan berarti tanpa ada masalah sedikitpun, Anda akan dihadapkan pada beberapa masalah seperti pencahayaan, white balance, red eye dan masih banyak lagi lainnya. Jadi alangkah baiknya bagi Anda untuk mencoba menginstall aplikasi foto editor untuk membantu hasil foto Anda menjadi lebih menarik.

Aplikasi Edit Foto Terbaik Dan Wajib Dicoba

Nah, untuk Anda yang sedang mendalami ilmu mengedit foto, maka berikut artikel seputar aplikasi edit foto di PC Anda yang bisa dijadikan sebagai panduan untuk Anda mengedit hasil foto.

1. Adobe Photoshop

Aplikasi Edit Foto Terbaik Dan Wajib Dicoba
Adobe Photoshop

Aplikasi pertama yang akan dibahas adalah Adobe Photoshop. Tentu Anda pernah mendengar bahkan tahu mengenai aplikasi ini bukan?. Dan Anda pernah menggunakannya sesekali untuk kebutuhan edit foto. Aplikasi paling populer ini sebenarnya berbayar, namun ada beberapa oknum yang melakukan pembajakan untuk mendapatkan secara gratis.

Baca juga : Google Photos Galery

Adobe Photoshop awalnya memiliki seri CS dan sekarang mulai berkembang menjadi seri CC, semakin berkembang maka Adobe Photoshop memiliki fitur yang lebih lengkap dan sangat up-to-date. Tools-nya juga sangat beragam dan multifungsi, cocok bagi Anda yang baru belajar untuk mengedit foto.

Aplikasi ini juga bersifat multi-platform yang berarti bisa digunakan dalam banyak sistem operasi seperti Windows juga Mac OS.

2. GIMP

GIMP
GIMP

Anda membutuhkan aplikasi edit foto yang memiliki kemampuan setara dengan Adobe Photoshop?. Anda bisa memakai aplikasi yang GIMP ini. Aplikasi yang bersifat open-source ini memang memiliki fitur yang tidak kalah lengkap dengan Photoshop. GIMP juga sangat direkomendasikan untuk Anda yang ingin menjadi fotografer atau desainer handal.

Tidak hanya itu saja, aplikasi GIMP bisa Anda gunakan untuk membuat logo dan lain sebagainya. Aplikasi GIMP juga merupakan aplikasi edit foto yang gratis termasuk ke tool sampai ke semua fiturnya tidak dipungut biaya sedikitpun. Aplikasi ini juga bisa diinstall di berbagai sistem operasi dan sudah tentu saja sangat mudah untuk digunakan khususnya bagi seorang pemula.

Baca juga : Aplikasi Edit Video

3. Paintshop Pro

Paintshop Pro
Paintshop Pro

Selanjutnya aplikasi Paintshop Pro merupakan sebuah aplikasi yang dianggap mampu menyaingi Photoshop. Dikarenakan aplikasi dari Paintshop Pro menawarkan harga yang jauh lebih murah namun dengan fitur yang sama lengkapnya seperti Photoshop, walau harganya berbeda tentunya.

Aplikasi yang telah dibeli oleh Corel ini memang memiliki tool super lengkap dan banyak digunakan oleh fotografer profesional. Jadi Paintshop Pro juga cukup mudah untuk digunakan oleh pemula seperti Anda. Sehingga hasil editan akan terlihat lebih bagus dan menarik.

Baca juga : Daftar Vpn Terbaik

4. PhotoScape

PhotoScape
PhotoScape

Jika Anda ingin melakukan jenis pengeditan yang hasilnya sederhana, maka Anda bisa menggunakan aplikasi yaitu PhotoScape. Yang merupakan aplikasi yang mudah dan praktis digunakan. Aplikasi ini memang sangat pas digunakan oleh orang yang baru belajar dalam mengedit foto atau pemula. Selain karena tampilannya yang sederhana, PhotoScape juga mudah digunakan untuk hasil yang maksimal.

PhotoScape bisa membantu Anda untuk membuat kolase foto, menambahkan frame berbentuk unik, membuat GIF dan masih banyak lagi kemudahannya.

Baca juga : Teknologi Ramah Lingkungan

5. GIMPShop

GIMPShop
GIMPShop

Jenis aplikasi GIMPShop merupakan aplikasi pengembangan dari GIMP yang dikhususkan untuk Anda yang menggunakan sistem operasi Linux. Aplikasi yang memiliki tampilan lebih mirip seperti Photoshop ini, memang memiliki fitur yang tidak kalah keren dengan aplikasi edit foto lainnya. Dimana GIMPShop mempunyai fitur yang lebih baik ketimbang aplikasi pengembangnya yaitu GIMP sendiri.

Baca juga : Predator Helios

6. CorelDraw Graphics Suite

CorelDraw Graphics Suite
CorelDraw Graphics Suite

Jika Anda salah satu orang yang ingin fokus belajar membuat vector, maka aplikasi jenis CorelDraw Graphics Suite adalah aplikasi edit foto yang paling direkomendasikan. CorelDraw Graphics Suite memiliki tampilan yang unik serta fitur dan tool yang disediakan juga sangat mudah digunakan.

Tidak hanya bisa dipakai untuk membuat vector, aplikasi ini juga cocok digunakan oleh Anda yang ingin membuat sebuah undangan, brosur dan lain sebagainya. Walaupun aplikasi ini berbayar, namun aplikasi ini sangat ‘worth to buy’ dan sudah pasti tidak akan mengecewakan Anda.

Baca juga : Asus Rog Phone

7. Photo Pos Pro

Photo Pos Pro
Photo Pos Pro

Untuk Anda yang ingin menggunakan Adobe Photoshop namun keadaan isi dompet dalam masa kritis, maka Anda bisa mencoba menggunakan aplikasi edit foto lain yang bernama Photo Pos Pro. Photo Pos Pro memiliki fitur lengkap yang tidak jauh berbeda dengan Photoshop. Aplikasi canggih ini juga dilengkapi dengan berbagai macam tool penting seperti Rich Text, Special Effect, Graphics, Precision Repairs and Editing dan masih banyak lagi lainnya.

Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk menggunakan Photo Pos Pro karena aplikasi ini gratis. Sehingga cocok untuk Anda yang lagi low-budget namun ingin belajar cara edit foto yang hasilnya bagus dan keren.

Baca juga : Topologi Jaringan

8. Adobe Lightroom

Adobe Lightroom
Adobe Lightroom

Jika dengan melihat harga aplikasi Adobe Photoshop membuat jiwa Anda meronta-ronta karena harganya yang mahal, maka sebaiknya Anda gunakan sebuah aplikasi edit foto yang bernama Adobe Lightroom ini. Walaupun masih dibuat oleh Adobe, namun Lightroom memiliki harga yang lebih murah dengan fitur yang tidak kalah lengkap dari Photoshop.

Aplikasi yang awalnya dibuat untuk katalog saja memiliki tampilan yang sederhana namun tetap elegan. Sehingga tidak beda jauh dengan Photoshop. Adobe Lightroom saat ini semakin berkembang, terbukti dengan kemunculan versi keempatnya yang begitu up-to-date dan sangat bagus baik dari segi fitur dan juga hasilnya.

Baca juga : Acer Nitro

9. Pictures ToExe 9

Pictures ToExe 9
Pictures ToExe 9

Aplikasi yang bernama Pictures ToExe 9 ini memiliki berbagai macam fitur dan tool yang variatif dan tentu saja gratis. Tidak jauh berbeda dengan aplikasi yang berbayar, Pictures ToExe 9 memungkinkan Anda untuk bisa mengedit foto sedemikian rupa seperti memanipulasi pada warna, mengatur kecerahan sampai pada rasio foto sesuai keinginan.

Aplikasi yang memiliki ukuran hanya sekitar 3MB ini, mempunyai tool kurva yang begitu fungsional. Ditambah lagi adanya Pictures ToExe 9 yang bisa digunakan untuk membuat ilustrasi yang menarik

Baca juga : Aksesoris Ponsel

10. Chasys Draw IES

Chasys Draw IES
Chasys Draw IES

Chasys Draw IES merupakan satu aplikasi edit foto untuk PC yang sangat baik dengan banyaknya fitur penting. Fitur yang ditawarkan aplikasi ini antara seperti paint dan drawing tools yang mempunyai cakupan cukup luas. Dan didukung adanya layer yang kuat, adanya efek khusus, juga penyesuaian warna dan pencahayaan, dukungan plugin Photoshop, dan masih banyak lagi.

Aplikasi edit gambar untuk PC ini mungkin tidak se-powerful dan sekeren seperti GIMP, namun banyak pengguna yang menyukai Paint.NET. Karena aplikasi ini cukup kuat pada dasar editing gambar, dengan opsi yang bisa mengubah ukuran, memutar foto, berbagai pilihan paint tools, dan beberapa efek khusus yang sangat baik.

Demikianlah beberapa pilihan dari aplikasi edit foto untuk PC atau laptop yang bisa digunakan secara baik dengan hasil menarik. Semoga menjadi manfaat untuk Anda penggunanya.

Tags

Novriadi A.S

Hallo, perkenalkan nama saya novriadi antonius dan situs ini merupakn milik saya, Saya juga ingin berbagi pengetahuan kepada teman-teman sekali dengan apa yang saya dapat. Dan semoga teman-teman bisa terbantukan dengan adanya situs saya ini. Terimakasih Selamat Membaca.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close